Kapal Terbakar hingga Tenggelam di California, 8 Orang Tewas dan 26 Hilang

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 03 September 2019 - 07:49 WIB
Kapal Terbakar hingga Tenggelam di California, 8 Orang Tewas dan 26 Hilang

Kapal yang terbakar di pantai California, AS. (FOTO: AP/doc. NDTV)

OXNARD, iNews.id - Sebuah kapal scuba diving terbakar lalu tenggelam di lepas pantai California, Amerika Serikat (AS). Delapan orang tewas dan lebih dari 20 lainnya hilang, dan dikhawatirkan meninggal.

Para penumpang terjebak di bawah geladak kapal Conception sepanjang 23 meter itu saat api berkobar.

Para petugas penyelamat yang menggunakan helikopter dan perahu kecil, serta seorang penjaga Penjaga Pantai, berupaya mengendalikan kebakaran hebat itu sebelum fajar. Mereka menyelam di sekitar Pulau Santa Cruz, tepat di sebelah barat Santa Barbara di selatan, California.

Menurut Coast Guard, kobaran api yang panas menyengat mencegah petugas menuju lambung kapal untuk menyelamatkan korban, sebelum kapal tenggelam. Kabut tebal semakin mempersulit upaya penyelamatan.

"Empat korban ditemukan, yang sejauh ini meninggal," kata Sheriff County Santa Barbara, Bill Brown, seperti dilaporkan AFP, Selasa (3/9/2019).

"Upaya penyelamatan di lokasi kejadian menemukan empat korban tambahan di dasar laut di dekat kapal," kata Brown.

"Sementara 26 orang hilang."

Lima anggota kru melompat ke air ketika api menjalar sekitar pukul 03.15 (1015 GMT). Kapten Coast Guard Monica Rochester mengatakan, jumlah yang berada di atas kapal saat itu 39 orang.

Kelima lainnya diselamatkan oleh orang-orang yang ada di kapal pesiar bernama Grape Escape.

Shirley Hansen, yang berada di Grape Escape bersama suaminya, Bob, mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa mereka tertidur ketika mereka mendengar ketukan di sisi kapal nelayan mereka.

Para kru, yang tampak hanya mengenakan pakaian dalam dan dua mengalami cedera di bagian kaki, mengambil sampan dan mendayung 200 meter menuju ke perahu Hansen.

Shirley Hansen mengatakan, para lelaki itu sangat kebingungan -salah satunya memiliki pacar yang ada di bawah dek Conception. Dua laki-laki mendayung kembali ke kapal nahas itu untuk mencari yang selamat, tetapi tidak menemukan satu pun.


Editor : Nathania Riris Michico