Kasus Virus Korona sampai Eropa, 3 Warga Prancis Terjangkit

Anton Suhartono ยท Sabtu, 25 Januari 2020 - 07:03 WIB
Kasus Virus Korona sampai Eropa, 3 Warga Prancis Terjangkit

Agnes Buzyn (Foto: AFP)

PARIS, iNews.id - Kasus virus korona dipastikan telah sampai ke Paris, Prancis, Jumat (24/1/2020). Ini merupakan kasus pertama di Eropa.

Menteri Kesehatan Agnes Buzyn mengatakan, ada tiga kasus virus korona yang sudah terdeteksi di negaranya. Kasus pertama melibatkan seorang pasien rumah sakit di Bordeaux dan dua lainnya di Paris. Korban ketiga merupakan kerabat dari salah satu penderita sebelumnya.

Menurut Buzyn, para penderita diketahui baru berpergian dari China. Mereka kini dirawat di ruang isolasi.

Pasien pertama berusia 48 tahun yang pulang ke Prancis dari Kota Wuhan pada 22 Januari 2020. Sejauh ini kondisi pasien digolongkan baik.

Tak lama setelah itu, pihaknya mendapatkan kepastian tentang dua kasus lainnya di Paris.

"Kami mengetahui pasien telah berada di Prancis, mereka melakukan hubungan dengan belasan orang. Kami akan menghubungi mereka,” ujarnya, dikutip dari AFP, Sabtu (25/1/2020).

Otoritas, lanjut dia, sedang mendalami dengan siapa saja ketiga penderita tersebut sebelumnya berinteraksi.

Lebih lanjut dia mengatakan, kasus virus korona di Prancis merupakan temuan pertama di Eropa.

“Kami memiliki kasus pertama untuk Eropa mungkin karena kami melakukan uji dengan sangat cepat dan mampu mengidentifikasi kondisi mereka,” tuturnya.

Virus korona yang sebelumnya tidak dikenal ini meneror Asia hingga Amerika Serikat. Virus ini memiliki kemiripan dengan sindrom pernapasan akut atau SARS yang menewaskan ratusan orang di China daratan dan Hong Kong pada 2002-2003.

Wabah korona pertama kali terdeteksi pada akhir Desember 2019 di Wuhan, kota pusat industri dan transportasi berpenduduk 11 juta jiwa, lalu menyebar ke beberapa negara lain termasuk Amerika Serikat.

Sampai saat ini jumlah korban meninggal 26 orang dan 830 lainnya terjangkit virus korona. Sebagian besar berada di Wuhan atau Provinsi Hubei.

Editor : Anton Suhartono