Katedral Notre Dame Dilalap Api, Pemimpin Dunia dan Vatikan Berduka

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 16 April 2019 - 09:57 WIB
Katedral Notre Dame Dilalap Api, Pemimpin Dunia dan Vatikan Berduka

Penampakan kebakaran di Katedral Notre Dame, Paris. (FOTO: Thomas Samson / AFP/Getty Images)

PARIS, iNews.id - Sejumlah pemimpin dunia ikut menyampaikan rasa duka dan menyampaikan simpati atas terbakarnya bangunan bersejarah nan ikonik di Paris, Katedral Notre Dame. Bangunan yang berdiri sejak abad 12 itu terbakar pada Senin (15/4) sore waktu setempat.

"Takhta Suci Vatikan melihat dengan kaget dan sedih berita tentang kebakaran mengerikan yang menghancurkan Katedral Notre Dame, simbol agama Kristiani di Prancis dan dunia," demikian pernyataan Vatikan, seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (16/4/2019).

"Vatikan mendoakan petugas pemadam kebakaran dan mereka yang sedang melakukan segala hal untuk mengatasi situasi sulit ini.”

Ungkapan belasungkawa atas kebakaran yang melanda Gereja Katedral Notre Dame juga datang dari pemimpin-pemimpin negara Eropa. Di antaranya berasal dari Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

"Pikiranku bersama dengan warga Prancis malam ini dan bersama layanan darurat yang berjuang memerangi kobaran api mengerikan di Katedral Notre Dame," tulis May dalam akun Twitter-nya.

Merkel juga menyampaikan hal senada melalui juru bicaranya.

"Gambaran mengerikan Notre Dame yang terbakar ini terasa menyakitkan. Notre Dame adalah simbol Prancis dan budaya Eropa kami. Pikiran kami bersama teman-teman Prancis," juru bicara kanselir, Steffen Seibert, melalui Twitter.

Sebanyak 400 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan bangunan yang merupakan situs warisan dunia UNESCO itu.

Sebelumnya, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyatakan duka mendalam atas kebakaran itu.

"Our Lady of Paris dalam api," cuit Macron.

"Notre-Dame Paris terbakar. Emosi melanda seluruh bangsa. Termenung untuk semua umat Katolik dan untuk semua orang Prancis. Seperti semua rekan kita, saya sedih malam ini melihat Gereja Notre Dame terbakar," tambah Macron.

Presiden Donald Trump juga mengutarakan hal serupa dan mendoakan warga Prancis.

"Tuhan memberkati warga Prancis!" cuit Trump.


Editor : Nathania Riris Michico