Kebakaran Kapal Induk Rusia Dipadamkan Setelah 1 Hari, Ini Dugaan Penyebabnya

Anton Suhartono ยท Jumat, 13 Desember 2019 - 16:16 WIB
Kebakaran Kapal Induk Rusia Dipadamkan Setelah 1 Hari, Ini Dugaan Penyebabnya

Kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api yang melalap kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov, Jumat (13/12/2019). Kebakaran yang melanda satu-satunya kapal induk milik Rusia itu berlangsung sejak Kamis siang.

Insiden ini menewaskan satu personel Angkatan Laut Armada Utara Rusia yang berbasis di pelabuhan Zvezdochka, Kota Murmansk dan seorang lainnya hilang setelah loncat ke laut.

Selain itu, 10 orang masih dirawat di rumah sakit karena lemas setelah menghirup asap saat kebakaran.

Kantor berita TASS dan RIA Novosti melaporkan, petugas pemadam kebakaran menyisir kapal untuk mencari titik-titik yang kemungkinan memuculkan api lagi.

Kebakaran terjadi saat kapal menjalani perbaikan yang dimulai sejak April 2018 oleh perusahaan perkapalan dalam negeri, United Shipbuilding Corporation. Pada Oktober 2018, kapal itu juga mengalami kecelakaan yakni crane besar jatuh di geladak, menewaskan seorang pekerja.

Surat kabar Kommersant, mengutip pernyataan sumber, melaporkan, api kemungkinan bermula dari logam panas yang jatuh mengenai tumpukan sampah di dek bawah, di sana juga ada kain yang terkena minyak. Kondisi ini yang diduga memicu api mudah menyebar.

Sementara itu alarm kebakaran telah dibongkar selama perbaikan sehingga banyak kru yang tak mengetahui adanya api dan terlambat untuk menyelamatkan diri.

Otoritas memulai penyelidikan sejak Kamis terkait kemungkinan kelalaian dan pelanggaran standar keselamatan konstruksi.


Editor : Anton Suhartono