Kecam Aksi Protes di Bandara Hong Kong, China: Ini Seperti Aksi Teroris

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 12:35 WIB
Kecam Aksi Protes di Bandara Hong Kong, China: Ini Seperti Aksi Teroris

Polisi Hong Kong menembakkan gas air mata saat demonstrasi di distrik Yuen Long di Hong Kong. (FOTO: AFP )

BEIJING, iNews.id - China mengecam unjuk rasa yang dilakukan para demonstran pro-demokrasi di bandara Hong Kong. China menyebut tindakan itu seperti teroris, setelah dua pria dipukuli oleh para demonstran.

"Kami menyatakan kecaman terkuat atas tindakan seperti teroris ini," kata Xu Luying, juru bicara Dewan Urusan Negara Hong Kong dan Makau, seperti dilaporkan AFP, Rabu (14/8/2019).

Luying menyebut kedua pria itu rekan senegaranya dari daratan China.

Sebelumnya, pengunjuk rasa pro-demokrasi menggelar aksi protes di bandara, yang mengakibatkan penerbangan lumpuh serta memicu bentrokan. Ratusan penerbangan dibatalkan pada Selasa (13/8/2019), saat para demonstran memblokir dua terminal di bandara dan membuat kekacauan.

Para pengunjuk rasa secara fisik juga menghadang para pelancong yang akan mengakses penerbangan sepanjang Selasa sore, sebelum akhirnya diamankan oleh polisi anti huru hara di luar terminal dan memicu bentrokan.

Pada Selasa (13/8/2019), lebih dari 5000 pengunjuk rasa berbagai usia menduduki gedung terminal penumpang di Bandara Internasional Hong Kong.

Aksi unjuk rasa besar-besaran ini berlangsung berhari-hari sejak Jumat (9/8/2019) dan dilaporkan berbagai media asing telah mengganggu aktivitas warga setempat.


Editor : Nathania Riris Michico