Kecelakaan KA di Kairo, Masinis Tinggalkan Lokomotif untuk Berkelahi

Anton Suhartono ยท Kamis, 28 Februari 2019 - 13:37:00 WIB
Kecelakaan KA di Kairo, Masinis Tinggalkan Lokomotif untuk Berkelahi
Kecelakaan KA di Kairo disebabkan masinis turun dari lokomotif untuk berkelahi (Foto: AFP)

KAIRO, iNews.id - Penyebab kecelakaan kereta di Stasiun Ramses, Kairo, Mesir, Rabu (27/2/2019), diketahui. Masinis kereta nahas itu ternyata meninggalkan lokomotif dan berkelahi dengan masinis kereta lain.

Pasanya, masinis kereta yang mengalami kecelakaan itu kesal rutenya dihalangi rangkaian lain. Akibatnya, kereta melaju mundur dengan kecepatan tinggi menabrak pembatas baja dan beton di ujung rel.

Tabrakan itu menyebabkan ledakan disertai semburan api ke peron, mengenai para pengunjung. Setidaknya 20 orang tewas dan 40 lainnya luka.  Sebagian korban tewas tak bisa dikenali lagi karena hangus.

Sumber lain menyebut korban tewas 25 orang dan 47 lainnya luka, sebagian besar dalam kondisi kritis.

Jaksa penuntut Nabil Sadek mengatakan, hasil penyelidikan mengungkap masinis meninggalkan lokomotif tanpa mengaktifkan rem. Saat ditinggal itulah, kereta berjalan mundur hingga kelamaan kecepatannya bertambah lalu menabrak pembatas dan meledak.

"Masinis meninggalkan kereta tanpa mengerem," kata Sadek, dalam pernyataan, seperti dilaporkan kembali Associated Press, Kamis (28/2/2019).

Akibat kecelakaan ini aktivitas di Stasiun Ramses dihentikan sementara. Selain untuk kepentingan penyelidikan, penutupan juga untuk membenahi infrastruktur stasiun yang rusak parah.

Kecelakaan maut ini membuat Menteri Perhubungan Mesir Hisham Arafat mengundurkan diri beberapa jam setelah kejadian.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: