Kelompok Abu Sayyaf Culik 10 Kru Kapal Penangkap Ikan di Perairan Malaysia

Anton Suhartono ยท Selasa, 18 Juni 2019 - 12:59 WIB
Kelompok Abu Sayyaf Culik 10 Kru Kapal Penangkap Ikan di Perairan Malaysia

10 nelayan diculik kelompok Abu Sayyaf di perairan Malaysia (Ilustrasi, Foto: AFP)

KINABALU, iNews.id - Kelompok Abu Sayyaf menculik 10 kru kapal penangkap ikan di perairan Sabah, Malaysia, dekat dengan Tawi Tawi, pulau di selatan Filipina, Selasa (18/6/2019) dini hari.

Para penangkap ikan itu berasal dari dua kapal yang sedang dalam perjalanan menuju Semporna saat mereka dibajak kelompok bersenjata yang menaiki speedboat.

Laporan menyebut sebagian dari kru yang diculik merupakan warga asing, namun identitas dan status kewarganegaraan mereka belum bisa dipastikan. Ada pula informasi bahwa para korban merupakan warga Filipina, seperti dikutip dari The Star.

Sementara itu laporan yang belum terkonfirmasi menyebutkan, para pelaku menggunakan dua speedboat untuk membajak kapal.

Mereka menculik empat dari total enam kru kapal penangkap ikan pertama, serta enam dari 10 kru di kapal kedua. Sisa kru yang tak ditangkap dibawa oleh petugas keamanan Malaysia.

Setelah itu para korban dibawa ke pula Sitangkai, Filipina selatan yang berjarak hanya 15 menit menggunakan speedboat dari titik penculikan.

Kepala Kepolisian Sabah, Omar Mammah, sudah mengetahui insiden ini, namun dia belum mendapat laporan resmi dari perusahaan yang mengoperasikan kapal.

Belakangan diketahui dua kapal itu mencari ikan pada saat langit gelat karena tak memiliki izin.


Editor : Anton Suhartono