Kemlu Malaysia Imbau Warganya Jauhi Lokasi Demonstrasi di KPU dan Bawaslu

Anton Suhartono ยท Rabu, 22 Mei 2019 - 17:39 WIB
Kemlu Malaysia Imbau Warganya Jauhi Lokasi Demonstrasi di KPU dan Bawaslu

Polisi berpatroli di Jalan KS Tubun, Petamburan (Foto: Antara)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Malaysia meminta warganya di Indonesia menjauhi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol dan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Pernyataan ini disampaikan menyusul bentrokan di beberapa titik di Jakarta Pusat serta adanya aksi unjuk rasa terkait pengumuman hasil rekapitulasi perolehan suara pemilihan presiden pada Senin dini hari oleh KPU.

Di antara lokasi yang menjadi tumpuan adalah di depan Gedung Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta melaporkan terdapat demonstrasi besar-besaran dilakukan di depan kantor KPU dan Bawaslu serta kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Kemlu Malaysia juga memastikan sejauh ini tidak ada warga Malaysia terlibat atau terdampak langsung dalam demonstrasi ini.

Masyarakat Malaysia diminta mengikuti perkembangan terkini dan mematuhi arahan pihak setempat dari waktu ke waktu.

Enam orang dilaporkan meninggal dunia dan 117 orang luka pada Rabu dini hari dalam bentrokan di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Puluhan orang lainnya masihd dirawat di beberapa rumah sakit. Para korban umumnya terkena dampak peluru karet dan gas airmata.


Editor : Anton Suhartono