Kendaraan Lapis Baja Dibom, 6 Orang Tewas Termasuk Calon Wali Kota di Kolombia

Anton Suhartono ยท Selasa, 03 September 2019 - 11:43 WIB
Kendaraan Lapis Baja Dibom, 6 Orang Tewas Termasuk Calon Wali Kota di Kolombia

Karina Garcia (Screengrab: YouTube)

BOGOTA, iNews.id - Enam orang tewas, termasuk seorang perempuan calon wali kota, akibat ditembak dari jarak jauh oleh orang tak dikenal di Cauca, Kolombia, Minggu (1/9/2019) malam waktu setempat.

Pejabat ombudsman Cauca, Jair Rossi, seperti dikutip dari AFP, Selasa (3/9/2019), mengatakan, para korban sedang berada di dalam kendaraan lapis baja saat dibom dari jarak jauh menggunakan senjata berat hingga terbakar.

Perempuan calon wali kota yang tewas dalam serangan itu adalah Karina Garcia. Dia akan maju dalam Pemilihan Wali Kota Suarez pada Oktober mendatang. Korban tewas lainnya adalah ibu Garcia serta kandidat anggota dewan kota.

Kota Suarez, kata Rossi, sejak lama menjadi medan pertempuran para kartel narkoba serta pelaku penambangan ilegal.

Sementara itu ayah Garcia, Orlando, mengatakan putrinya sempat mendapat ancaman dari para pendukung calon wali kota rivalnya.

Komisaris Tinggi Perdamaian Kolombia Miguel Ceballos menuduh kelompok pembangkang yang memutuskan hubungan dengan tentara pemberontak haluan kiri FARC sebagai dalang serangan ini.

Sebagian besar kelompok itu menerima kesepakatan damai dengan pemerintah pada 2016. Namun ketua negosiator Ivan Marquez serta beberapa pemimpin lain pada pekan lalu menyatakan akan kembali mengangkat senjata.

Mereka menuduh pemerintah tidak berkomitmen dengan perjanjian damai yang dibuat untuk mengakhiri pertikaian yang sudah berlangsung 50 tahun.

Menteri Pertahanan Guillermo Botero menawarkan hadiah 29.000 dolar AS bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi untuk menangkap pemimpin kelompok pembangkang.

Editor : Anton Suhartono