Kereta Bawah Tanah Hong Kong Bertabrakan saat Uji Coba, 2 Masinis Luka

Anton Suhartono ยท Senin, 18 Maret 2019 - 13:32 WIB
Kereta Bawah Tanah Hong Kong Bertabrakan saat Uji Coba, 2 Masinis Luka

Penampakan kereta bawah tanah Hong Kong yang bertabrakan (Foto: MTR)

HONG KONG, iNews.id - Dua kereta bawah tanah mass transit railway (MTR) Hong Kong bertabrakan, Senin (18/3/2019) dini hari. Kecelakaan ini menyebabkan dua masinis mengalami luka serius dan dilarikan ke rumah sakit.

Seorang masinis mengalami patah kaki dan satu lagi mengalami sesak napas setelah menghirup asap akibat tabrakan, seperti dikutip dari The Straits Times.

Untungnya, kecelakaan yang terjadi di Jalur Tsuen Wan ini berlangsung saat pengujian sistem sinyal baru sekitar pukul 03.00 waktu setempat. Saat itu tidak ada penumpang di kedua kereta.

Foto-foto yang dirilis MTR menunjukkan dua kereta listrik mengalami rusak parah di bagian kabin masinis serta gerbong depan. Pintu kereta tampak terlepas serta kaca-kaca jendela pecah dan bertebaran di lantai. Salah satu kereta keluar jalur dan terimpit di samping kereta satunya.

Akibat kecelakaan ini, jalur kereta bawah tanah ditutup sehari dan penumpang diminta menggunakan moda transportasi lain.

Direktur Operasional MTR, Adi Lau, mengatakan penyelidikan masih berlangsung untuk mengungkap penyebab pasti kecelakaan. Belum diketahui mengapa dua kereta bisa berada di jalur yang sama.

Akibat kecelakaan ini semua uji coba ditangguhkan sampai penyebab kecelakaan diketahui. Sistem sinyal baru hanya akan digunakan setelah berhasil melewati serangkaian tes.

Menteri Perhubungan dan Perumahan Hong Kong Frank Chan Fan meminta MTR Corp menyelidiki secara menyeluruh penyebab insiden tersebut.

Editor : Anton Suhartono