Kereta Commuter di Hong Kong Anjlok saat Jam Sibuk

Anton Suhartono ยท Selasa, 17 September 2019 - 11:49 WIB
Kereta Commuter di Hong Kong Anjlok saat Jam Sibuk

KRL Hong Kong anjlok saat jam sibuk (Foto: AFP)

HONG KONG, iNews.id - Warga Hong Kong kembali diuji, setelah perjalanan transportasi, termasuk kereta, beberapa kali diblokir demonstran dalam 4 bulan terakhir, kali ini terjadi kecelakaan pada moda angkut massal itu, yakni anjlok.

Kecelakaan terjadi pada Selasa (17/9/2019) di jam sibuk menyebabkan tiga orang luka. Selain itu akses perjalanan kereta MTR lainnya juga terganggu.

Gambar yang diambil di lokasi menunjukkan tiga gerbong kereta keluar rel dan berakhir dalam posisi zigzag dekat Stasiun Hung Hom di Kowloon yang merupakan lokasi transit padat penumpang.

Para penumpang terpaksa keluar dari kereta dengan membuka paksa pintu lalu menyeberangi rel jalur East Rail.

Otoritas masih menyelidiki penyebab anjloknya kereta, namun sejauh ini tak ada indikasi bahwa kecelakaan ini terkait degan aksi demonstrasi di stasiun MTR yang marak belakangan ini.

Operator MTR Corporation, seperti dikutip dari AFP, menyatakan, perjalanan kereta antara dua stasiun mengalami penundaan akibat kecelakaan ini, sampai kereta yang anjlok dipindahkan.

Hong Kong diguncang aksi demonstrasi besar-besaran sejak Juni 2019 dipicu rencana pengesahan RUU ekstradisi, aturan yang memungkinkan para penjahat Hong Kong diadili di China. RUU ini memang sudah dicabut, namun demonstran punya empat tuntutan lain sehingga aksi turun ke jalan masih terus berlangsung.

MTR Corporation menjadi sasaran lokasi unjuk rasa di mana para aktivis memblokir perjalanan kereta dan memengaruhi penumpang untuk ikut serta dengan aksi mereka.

Ketegangan dalam aksi di stasiun MTR bertambah setelah polisi menggunakan kekerasan untuk membubarkan massa. Para pengunjuk rasa melampiaskan kemarahan dengan merusak pintu masuk dan mesin tiket serta menghancurkan jendela di beberapa stasiun.


Editor : Anton Suhartono