Ketegangan Meningkat, Denmark Segera Tarik Militer dari Mali

Umaya Khusniah ยท Jumat, 28 Januari 2022 - 14:04:00 WIB
Ketegangan Meningkat, Denmark Segera Tarik Militer dari Mali
Denmark segera memulai menarik pasukan militernya keluar dari Mali. (Foto: Reuters)

BAMAKO, iNews.id - Denmark segera memulai menarik pasukan militernya keluar dari Mali. Sebelumnya, pemerintah transisi di negara itu meminta agar pasukan militer Denmark segera angkat kaki. 

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Denmark, Jeppe Kofod, di Kopenhagen, Kamis (27/1/2022). Keputusan diambil setelah ketegangan dengan pasukan Denmark di Mali meningkatkan beberapa hari sebelumnya. 

“Kita dapat melihat pemerintah transisi Mali, atau para jenderal kudeta, tadi malam mengirimkan pernyataan publik di mana mereka kembali menegaskan Denmark tidak diterima di Mali. Kami telah memutuskan untuk menarik pulang tentara," katanya.

Pada Senin (24/1/2022) lalu, pemerintah Mali menuntut penarikan pasukan Denmark. Mereka mengklaim pemerintah Denmark belum berkonsultasi tentang kehadiran militernya di Mali.

Denmark awalnya mengatakan bahwa sama seperti pihak lain dalam misi kontra-terorisme di Mali, Denmark hadir atas undangan dan dasar yang jelas. 

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Denmark mengatakan, sekitar 90 personel, termasuk ahli bedah dan pasukan khusus tentara telah dikerahkan di Mali sebagai bagian dari Satuan Tugas Takuba, satuan tugas militer Eropa. Tapi junta militer Mali menegaskan kehadirannya tidak diterima.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda