Ketua DPR Selandia Baru Gendong Bayi saat Sidang Parlemen

Anton Suhartono ยท Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:33 WIB
Ketua DPR Selandia Baru Gendong Bayi saat Sidang Parlemen

Trevor Mallard menggendong Tutanekai Smith Coffey (Foto: BBC)

WELLINGTON, iNews.id - Ketua DPR Selandia Baru Trevor Mallard mengunggah foto di Twitter sedang menggendong bayi saat sidang di gedung parlemen, Rabu (21/8/2019).

Mallard menggendong bayi berusia 1 bulan bernama Tutanekai Smith Coffey, anak dari anggota dewan Tamati Coffey.

"Biasanya, kursi ketua DPR hanya digunakan pejabat dewan tapi hari ini seorang tamu VIP berbagi dengannya. Selamat @tamaticoffey dan Tim atas kelahiran anggota baru keluarga Anda," cuitnya.

Pria yang memiliki tiga anak itu berusaha menenangkan bayi saat menangis dengan mengajak bicara, berkelakar, serta memberi susu. Sementara rekannya, John Bercow, membantu dengan menyanyi.

Trevor mengucapkan selamat kepada Coffey dengan mendatangi kursinya lalu membawa si kecil ke kursi ketua DPR.

Coffey, mantan pembawa acara prakiraan cuaca dan pemenang ajang pencarian bakat Dancing with the Stars Selandia Baru 2009, membawa bayinya ke sidang parlemen pada Selasa, hari pertamanya masuk setelah mengambil cuti menjadi ayah.

Tutanekai sebenarnya lahir dari perempuan yang bertindak sebagai ibu pengganti. Dia dirawat oleh Coffey dan pasangan gaynya Tim Smith. Namun Coffey merupakan ayah biologis dari Tutanekai.

Ucapan selamat juga datang dari anggota Partai Hijau Gareth Hughes yang menulis di Twitter, "Senang ada bayi di DPR, dan betapa senangnya seorang @tamaticoffey."

Ini bukan kali pertama bayi Selandia Baru dibawa ke acara penting. Pada September 2018, Perdana Menteri Jacinda Arden membawa putrinya, Neve Te Aroha, ke sidang Majelis Umum PBB di New York.

Namun Ardern bukan kepala negara pertama yang melahirkan saat masih menjabat. Rekor itu dipegang oleh Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto pada 1990.

Selain itu anggota parlemen Inggris, Lib Dem Jo Swinson, pernah menghadiri sidang dengan membawa bayinya pada 2018. Pada 2017, senator Australia, Larissa Waters, bahkan menyusui di gedung parlemen.

Editor : Anton Suhartono