Kewalahan, Belasan RS di Bangkok Setop Pengujian Covid

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 09 April 2021 - 12:42:00 WIB
Kewalahan, Belasan RS di Bangkok Setop Pengujian Covid
Tes Covid dengan metode rapid antigen (ilustrasi). (Foto: Reuters)

BANGKOK, iNews.id – Setidaknya 12 rumah sakit di Ibu Kota Thailand, Bangkok, menangguhkan alias menyetop sementara pengujian Covid-19. Keputusan tersebut mereka ambil lantaran tingginya permintaan dan kurangnya pasokan alat uji di tengah lonjakan kasus infeksi baru di negara itu.

Pada pekan ini, belasan rumah sakit itu mengeluarkan pemberitahuan terkait penghentian layanan pengujian tersebut di media sosial dan aplikasi perpesanan. Beberapa di antaranya mengatakan penangguhan hanya akan berlangsung beberapa hari, sedangkan yang lainnya tidak memberikan tanggal pasti untuk dimulainya kembali tes Covid-19.

Bangkok telah menjadi episenter wabah baru di Thailand. Lonjakan kejadian infeksi virus corona di kota itu naik drastis, dari yang tadinya hanya puluhan kasus baru per hari menjadi ratusan kasus baru per hari. Kondisi itu mendorong pemerintah setempat untuk bergegas meningkatkan pengujian dan melacak kasus-kasus baru.

Pemerintah Thailand telah mengadakan pengujian massal tersendiri di distrik-distrik Bangkok—yang menjadi lokasi penemuan klaster wabah. Sebagian besar di antaranya melibatkan bar atau tempat hiburan yang telah diperintahkan untuk ditutup selama dua minggu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2