Kim Jong Un Pulang ke Korut Pakai Kereta Api Lagi

Anton Suhartono ยท Sabtu, 02 Maret 2019 - 14:45 WIB
Kim Jong Un Pulang ke Korut Pakai Kereta Api Lagi

Kim Jong Un meninggalkan Vietnam (Foto: The Straits Times/Twitter)

HANOI, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengakhiri kunjungannya di Vietnam, Sabtu (2/3/2019). Dia tiba di Vietnam pada Selasa (26/2/2019) untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Iring-iringan rombongan Kim tiba di stasiun kota Dong Dang, dekat perbatasan dengan China, Sabtu siang, untuk pulang ke Korut menggunakan kereta.

Kim bakal menempuh perjalanan 4.000 kilometer menuju Pyongyang. Merujuk pada keberangkatan, perjalanannya diperkirakan memakan waktu hingga 3 hari. Kereta harus melalui China terlebih dulu sebelum ke Korut.

Beberapa pejabat Vietnam mengantar Kim sampai ke kereta berlapis baja. Sebelum kereta berkelir hijau dengan garis kuning itu meninggalkan Vietnam, Kim berdiri di pintu dan melambaikan tangan.

Sebelum pulang, dia sempat mengunjungi makam pendiri Vietnam, Ho Chi Minh, di Taman Makam Pahlawan di Hanoi, untuk meletakkan karangan bunga. 

Kakeknya, Kim Il Sung, bertemu dengan Ho Chi Minh saat berkunjung pada 1964. Saat itu, Kim Il Sung datang ke Vietnam juga menggunakan kereta api.

Sehari sebelumnya, Kim bertemu dengan Presiden Nguyen Phu Trong serta pejabat lain.

Sayangnya, kunjungan melelahkan Kim Jong Un ini tak disertai denngan hasil memuaskan. Seperti diketahui, pertemuannya dengan Trump berakhir tanpa menghasilkan kesepakatan apa pun. Ini berbeda dengan pertemuan pertamanya dengan Trump di Singapura pada 12 Juni 2018.

 


Editor : Anton Suhartono