Kisah Pemadaman Listrik di New York, dari Kereta Mogok sampai Terjebak di Lift

Anton Suhartono ยท Minggu, 14 Juli 2019 - 12:57 WIB
Kisah Pemadaman Listrik di New York, dari Kereta Mogok sampai Terjebak di Lift

Suasana 42ns Street di Manhattan, New York, saat senja tanpa listrik (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Pemadaman listrik di Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS), berakhir Sabtu (13/7/2019) malam waktu setempat.

Listrik padam melumpuhkan aktivitas di pusat-pusat ekonomi dan hiburan paling ternama, seperti Times Squere dan teater Broadway, serta memaksa penundaan perjalanan kereta bawah tanah.

Perusahaan listrik Con Edison mengungkap, sekitar 42.000 pelanggan tak mendapat pasokan sejak Sabtu sore. Aliran listrik baru kembali normal sekitar pukul 22.00 waktu setempat.

Wali Kota New York Bill de Blasio mengatakan, pemadaman dipicu oleh kebakaran di lubang, namun masih dalam penyelidikan.

Sayangnya, de Blasio tidak sedang berada di New York saat pemadaman terjadi, melainkan Iowa. Dia harus mengikuti seleksi Pemilihan Presiden (Pilpres) AS dari Partai Demokrat.

Keberadaan de Blasio di Iowa menjadi perhatian warga New York yang menganggap dia mangkir dari kewajiban sebagai pemimpin.

"Berhentilah dari kampanye. Anda harus berada di kota untuk melakukan pekerjaan," tulis seorang warganet di Twitter.

Sementara itu puluhan orang mengunggah foto di media sosial, seperti terhentinya layanan kereta bawah tanah serta apartemen dan hotel yang gelap gulita.

Otoritas Transportasi Metropolitan New York dalam cuitannya meminta warga menghindari stasiun kereta bawah tanah.

Sementara itu petugas pemadam kebakaran mendapat banyak permintaan bantuan, terutama dari banyak orang yang terjebak di lift-lift apartemen dan hotel.

Di Hotel Row NYC, puluhan tamu memilih duduk di trotoar karena kamar mereka gelap. Apalagi, staf hotel meminta mereka tidak berada di dalam karena lift tidak berfungsi.

Sebagian besar pertunjukan Broadway dibatalkan, termasuk drama musikal yang sedang hit 'Hamilton' dan 'The Lion King'.

Pertunjukan paduan suara di Carnegie Hall terpaksa pindah ke trotoar untuk melanjutkan penampilan.

Pemadaman listrik terparah di New York terjadi pada 1977, hampir melumpuhkan seluruh aktivitas. Penjarahan dan vandalisme terjadi di mana-mana sebelum listrik kembali normal 25 jam kemudian.


Editor : Anton Suhartono