Konflik Kepala Suku, 13 Penduduk Desa Dibantai Gerombolan Bersenjata

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 11 Agustus 2020 - 15:24 WIB
Konflik Kepala Suku, 13 Penduduk Desa Dibantai Gerombolan Bersenjata

Ilustrasi pembunuhan. (Foto: Ist)

LAGOS, iNews.id – Sejumlah pria bersenjata membunuh 13 penduduk desa di Negara Bagian Benue, Nigeria. Aksi biadab itu menyusul perselisihan kepala suku yang telah berlangsung lama di wilayah tersebut.

Serangan terhadap Desa Edikwu di Distrik Apa, Benue, Senin (10/8/2020) waktu setempat itu juga menyebabkan beberapa orang terluka. Selain itu, banyak rumah penduduk dibakar.

“Sekitar 20 pria bersenjata menyerbu penduduk dan menembak secara sporadis ke sejumlah warga,” kata Juru Bicara Kepolisian Benue, Catherine Anene, Selasa (11/8/2020).

“Satu tim polisi dikerahkan ke lokasi 13 mayat ditemukan,” ujarnya kepada AFP.

Anene menuturkan, kasus pembantaian tersebut kini dalam penyelidikan polisi. Dia menambahkan, konflik terkait masalah kepala suku diduga menjadi penyebab aksi kekerasan itu.

“Edikwu mengalami krisis tiada henti terkait urusan kepala suku. Hingga 25 Mei, ketika Pemerintah Benue mengadakan pertemuan damai, yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Benson Abounu, untuk mengakhiri dendam,” katanya.

Dia mengatakan, perdamaian yang sudah berlangsung selama beberapa bulan itu sirna seketika tatkala kelompok bersenjata itu menyerbu penduduk desa.

Bentrokan komunal atas hak atas tanah, air, dan akses politik sudah biasa terjadi di Nigeria, negara terpadat di Afrika yang populasinya mencapai 200 juta jiwa.

Editor : Ahmad Islamy Jamil