Korea Utara Ngotot Tak Ada Satu pun Kasus Covid di Negaranya

Anton Suhartono ยท Rabu, 07 April 2021 - 11:17:00 WIB
Korea Utara Ngotot Tak Ada Satu pun Kasus Covid di Negaranya
Korea Utara bersikeras tak ada satu pun warganya yang terinfeksi virus corona sampai saat ini (Foto: Kyodo via Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) tetap bersikeras tak ada satu pun kasus infeksi Covid-19 di negaranya, berdasarkan laporan yang disampaikan negara itu ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (7/4/2021).

Dikutip dari The Associated Press, berdasarkan data yang didapat WHO, Korut mengklaim telah melakukan tes Covid-19 terhadap 23.121 orang hingga 1 April dan semuanya negatif.

Pihak lain meragukan data yang disampaikan Korut soal tidak adanya kasus infeksi virus corona. Pasalnya Korut bersebelahan dengan China, negara yang pertama kali melaporkan kasus hingga menerapkan lockdown total.

Di masa awal wabah, yakni Korut tak langsung menutup perbatasan dengan China sehingga terjadi arus masuk yang bisa saja membawa virus mematikan itu.

Selain itu fasilitas kesehatan di Korut buruk akibat sanksi internasional yang sejak lama mereka alami.

Selama pandemi, Korea Utara sangat membatasi lalu lintas perbatasan dengan melarang turis masuk, mengusir diplomat, serta memobilisasi petugas kesehatan untuk mengarantina puluhan ribu orang yang mengalami gejala.

Korut pada Selasa (6/4/2021) mengumumkan tak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung mulai Juli mendatang terkait kekhawatiran Covid-19.

Editor : Anton Suhartono