Kota Ini Tawarkan Pengemis Jalan-Jalan ke Eropa, tapi Tak Boleh Balik Lagi

Anton Suhartono ยท Minggu, 02 Mei 2021 - 15:05:00 WIB
Kota Ini Tawarkan Pengemis Jalan-Jalan ke Eropa, tapi Tak Boleh Balik Lagi
Otoritas Kota Basel, Swiss, menawarkan kepada pengemis jalan-jalan ke kota Eropa gratis asal mereka tak kembali lagi (Foto: Reuters)

BASEL, iNews.id - Sebuah kota di Swiss punya cara tidak biasa untuk membersihkan pengemis dan sejenisnya dari jalanan. Umumnya para pengemis di Swiss merupakan pendatang dari luar negeri.

Dilaporkan La News, imigrasi Kota Basel menawarkan kepada para pengemis voucher gratis jalan-jalan ke kota manapun di Eropa asal mereka tak kembali lagi.

Otoritas menawarkan voucher alat transportasi serta uang tunai untuk setiap pengemis yang setuju dengan kesepakatan tersebut. 

Untuk mendapatkan voucher, pengemis harus menandatangani kontrak tertulis dengan pemerintah Basel, berisi kesediaan menerima sanksi sesuai kesepakatan. Jika mereka tertangkap kembali akan dideportasi. 

Cara ini ternyata cukup efektif. Hingga 29 April 2021, 31 pengemis menerima tawaran dan telah memilih destinasi, umumnya negara-negara itu tempat mereka berasal, yakni 14 orang ke Rumania, 7 ke Belgia, 7 ke Jerman, 2 ke Italia, dan 1 ke Prancis.

Mereka kembali ke Rumania, Basel menyiapkan tiket pesawat ke Bucarest.

Pada 2014, seorang perempuan didenda sekitar Rp8 juta karena mengemis di jalan. Namun dia ditahan 5 hari karena tidak membayar denda. 

Dua tahun kemudian, sebuah kota Swiss memberlakukan undang-undang yang melarang mengemis di seluruh wilayah hukumnya.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: