Kura-Kura Paling Langka Sedunia Mati di China

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 16 April 2019 - 10:20 WIB
Kura-Kura Paling Langka Sedunia Mati di China

Penyu raksasa Yangtze tumbuh subur di air berlumpur dan beratnya mencapai 90 kg. (foto: GETTY IMAGES)

BEIJING, iNews.id - Salah satu kura-kura paling langka di dunia, penyu raksasa Yangtze, mati di China. Kini, hanya tersisa tiga dari spesies langka tersebut di dunia.

Dilapokan BBC, Selasa (16/4/2019), penyu betina (Rafetus swinhoei) itu mati di kebun binatang Suzhou di Cihna selatan.

Para ahli mencoba membuahi makhluk itu secara artifisial, yang berusia lebih dari 90 tahun, untuk kelima kalinya sesaat sebelum dia meninggal.

Spesies ini menderita karena perburuan, penangkapan ikan yang berlebihan, dan perusakan habitat.

Penyu jantan raksasa Yangtze kini menjadi satu-satunya yang tersisa dari spesiesnya di penangkaran. (foto: GETTY IMAGES)

Satu penyu jantan, yang diperkirakan berumur lebih dari 100 tahun, ditinggalkan di kebun binatang China sementara dua kura-kura lainnya hidup di alam liar di Vietnam.

Staf lokal dan para ahli internasional berupaya untuk membuahi sang betina 24 jam sebelum dia mati pada Sabtu sore lalu.

Mereka mengatakan, tidak ada komplikasi dari operasi dan dia dalam keadaan sehat setelah prosedur. Namun kondisi kura-kura itu memburuk pada keesokan harinya.

Saat ini penyebab kematiannya kura-kura langka itu masih diselidiki dan jaringan ovarium penyu itu dikumpulkan untuk penelitian di masa depan.


Editor : Nathania Riris Michico