Kurangnya Akses Air Bersih, Ribuan Orang di Negara Ini Meninggal akibat Kolera

Umaya Khusniah ยท Sabtu, 15 Januari 2022 - 08:28:00 WIB
Kurangnya Akses Air Bersih, Ribuan Orang di Negara Ini Meninggal akibat Kolera
Kurangnya akses air bersih, ribuan warga Nigeria meninggal akibat kolera. (Foto: Ilustrasi/Ist)

ABUJA, iNews.id - Sebanyak 3.598 orang di Nigeria meninggal akibat kolera selama 2021. Wabah kolera menyebar ke 32 negara bagian serta ibu kota Abuja. 

Pejabat dari Kementerian Federal Sumber Daya Air, Emmanuel Awe pada Kamis (13/1/2022) mengatakan, total ada 107.911 orang yang didiagnosis menderita kolera tahun lalu. Wabah itu disebabkan kurangnya akses air bersih yang memadai.

“Penyakit yang ditularkan melalui air sebenarnya dapat dicegah. Yang harus kita lakukan adalah memastikan masyarakat selalu memiliki akses ke air minum yang bersih dan aman,” katanya.

Kolera merupakan penyakit yang ditularkan melalui air dan mengancam jiwa. Diperkirakan 1,4 miliar orang berisiko terkena kolera secara global. Sekitar 2,8 juta kasus dan 91.000 kematian terkait terjadi setiap tahun.

Negara-negara berkembang terkena dampak karena kurangnya sumber daya, infrastruktur, dan sistem kesiapsiagaan bencana mereka.

Di Nigeria, kolera merupakan penyakit endemik dan musiman. Wabah terjadi setiap tahun dan sebagian besar terjadi selama musim hujan. Wilayah yang terkena biasanya memiliki sanitasi buruk.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: