Kutuk Invasi Turki ke Suriah, Netanyahu: Kami Siap Beri Bantuan untuk Pasukan Kurdi

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 22:52 WIB
Kutuk Invasi Turki ke Suriah, Netanyahu: Kami Siap Beri Bantuan untuk Pasukan Kurdi

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam upacara peringatan di Mount Herzl Yerusalem untuk mengenang mereka yang terbunuh saat Perang Yom Kippur, 10 Oktober 2019. (FOTO: Flash90)

YERUSALEM, iNews.id - Israel mengecam invasi Turki ke wilayah-wilayah yang dikuasai Kurdi di Suriah. Serangan itu dianggap sebagai pemusnahan etnis terhadap orang-orang Kurdi.

"Israel mengecam keras invasi Turki ke wilayah-wilayah Kurdi di Suriah dan memperingatkan soal pembersihan etnis Kurdi oleh Turki dan kuasanya," kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, seperti dilaporkan AFP, Kamis (10/10/2019).

"Israel siap memberi bantuan bagi orang-orang Kurdi yang gagah."

Operasi yang diluncurkan pada Rabu oleh Turki memicu kemarahan internasional, menyebabkan kekhawatiran krisis pengungsi baru di utara Suriah.

Operasi itu terjadi setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan menarik pasukan AS dari perbatasan Turki-Suriah.

Trump memberi lampu hijau kepada Turki-nya untuk menyerang pasukan Kurdi, yang dipandang sebagai pengkhianatan lantaran Kurdi merupakan sekutu utama AS melawan ISIS.

Netanyahu sendiri berhati-hati untuk tidak mengkritik Trump, mengingat peran presiden AS itu terhadap Israel. Namun, keputusan AS terhadap Kurdi memicu keprihatinan mendalam di Israel.


Editor : Nathania Riris Michico