Lagi, Istri PM Israel Diperiksa Polisi Terkait Korupsi

Anton Suhartono ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 20:09 WIB
Lagi, Istri PM Israel Diperiksa Polisi Terkait Korupsi

Sara dan Benjamin Netanyahu (Foto: AFP)

TEL AVIV, iNews.id - Istri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Sara, kembali diperiksa polisi, Jumat (7/12/2018), terkait tuduhan baru penyalahgunaan dana publik.

Sara tiba di kantor markas besar KPK Israel, National Fraud Squad, dekat Tel Aviv pada Jumat pagi.

Belum ada keterangan dari kepolisian mengenai kasus terbaru yang dihadapi Sara. Namun surat kabar Haaretz melaporkan, kasus terbaru ini tampaknya terkait dengan laporan palsu Sara ke insitusi pengawas pemerintah soal dana sumbangan.

Pada Minggu (2/12/2018), polisi merekomendasikan agar Netanyahu dan istrinya ditutunt atas kasus penyuapan dan pelanggaran lain. Belum diketahui pula apakah pemeriksaan ini masih terkait dengan pengumuman pada Minggu.

Ini merupakan remendasi ketiga yang dikeluarkan kepolisian Israel kepada Kejaksaan Agung dalam beberapa bulan terakhir terkait kasus korupsi Netanyahu. Pada Februari 2018, polisi merekomendasikan kepada kejaksaan untuk menuntut Netanyahu dalam dua kasus korupsi lain. Namun rekomendasi itu tak ditindaklanjuti.

Sementara itu Netanyahu menyangkal semua tuduhan korupsi. Namun, semakin banyak tuduhan yang dilayangkan kepadanya memunculkan spekulasi bahwa petugas bisa saja memaksa perdana menteri yang sudah menjabat lama itu untuk mengundurkan diri.

Editor : Anton Suhartono