Langka, 400 Kerbau Mati Tenggelam di Sungai karena Dikepung Singa

Anton Suhartono ยท Sabtu, 10 November 2018 - 06:23 WIB
Langka, 400 Kerbau Mati Tenggelam di Sungai karena Dikepung Singa

Sebagian bangkai kerbau belum dibersihkan dari Sungai Chobe (Foto: Serondela Lodge)

GABORONE, iNews.id - Lebih dari 400 ekor kerbau yang sedang bermigrasi mati akibat tenggelam di Sungai Chobe, Botswana, Selasa (6/11/2018) malam.

Kerbau-kerbau itu diyakini tercebur ke sungai karena menghindari kejaran sekelompok singa. Peristiwa yang sangat langka ini terjadi di dekat perbatasan dengan Namibia, tepatnya di Taman Nasional Chobe di Semenanjung Kabulabula.

Kementerian Pariwisata Lingkungan dan Konservasi Sumber Daya Alam Botswana, seperti dikutip dari AFP, Jumat (9/11/2018), menyatakan, berdasarkan penyelidikan awal yang dilakukan otoritas kedua negara, kawanan kerbau dalam jumlah sangat besar sedang memakan rumput di wilayah Namibia. Mereka lalu bergerak ke Sungai Chobe hingga terjadi pengejaran.

"Penyelidikan awal mereka dikejar oleh singa. Diperkirakan lebih dari 400 kerbau tenggelam karena pergerakan masif dan jatuh dari tebing sungai yang curam," bunyi pernyataan kementerian.

Sementara itu sebagian bangkai kerbau sudah dibersihkan oleh petugas dan sebagian besar lainnya diambil oleh warga yang tinggal di sepanjang sungai.

Ini bukan kejadian pertama, meskipun sangat langka. Sebelumnya ratusan kerbau juga mati tenggelam di Sungai Chobe saat bermigrasi.

 


Editor : Anton Suhartono