Lebih dari 200 Orang Keracunan, Gerai KFC di Mongolia Ditutup

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 20 Februari 2019 - 11:33:00 WIB
Lebih dari 200 Orang Keracunan, Gerai KFC di Mongolia Ditutup
Ilustrasi gerai KFC. (FOTO: AFP /JEAN-FRANCOIS MONIER)

ULAN BATOR, iNews.id - Pihak berwenang Mongolia menutup sementara semua gerai makanan cepat saji KFC di negara itu. Hal itu dilakukan setelah lebih dari 200 pelanggan menderita gejala keracunan makanan dan puluhan  dirawat di rumah sakit.

Kasus pertama muncul awal bulan ini, dengan 16 orang menunjukkan gejala keracunan makanan, termasuk diare, muntah, dan demam tinggi setelah makan di waralaba ayam goreng tersebut.

Dilaporkan AFP, Rabu (20/2/2019), Departemen Inspeksi Profesional Metropolitan Ulaanbaatar menyatakan, 247 kasus serupa dilaporkan dan 42 orang dirawat di rumah sakit.

Departemen memutuskan untuk menutup 11 restoran KFC di negara itu -semuanya berbasis di ibu kota- sambil menyelidiki apa yang terjadi.

Investigasi awal menemukan, 35 karyawan di sebuah restoran tidak diperiksa secara menyeluruh untuk menangani makanan, dengan sebagian besar dari mereka tidak memiliki laporan pemeriksaan, yang merupakan tindakan ilegal.

Restoran juga tidak memiliki manajemen kebersihan internal.

Bakteri kuat yang dikenal sebagai Klebsiella spp terdeteksi dalam air di restoran. Jejak E-coli juga ditemukan di mesin soda, dan empat orang terkontaminasi kuman Shigella -yang menyebabkan diare dan demam- setelah melakukan kontak dengan staf KFC.

Editor : Nathania Riris Michico