Ledakan Guncang Pusat Tes Covid-19, Pecahkan Kaca Gedung

Djairan ยท Rabu, 03 Maret 2021 - 16:56:00 WIB
Ledakan Guncang Pusat Tes Covid-19, Pecahkan Kaca Gedung
Ledakan mengguncang pusat tes Covid-19 di Bovenkarspel, dekat Amsterdam, Belanda (Foto: Reuters)

AMSTERDAM, iNews.id - Ledakan mengguncang pusat tes Covid-19 di Kota Bovenkarspel, Belanda, Rabu (3/3/2021). Kepolisian setempat menyatakan, ledakan itu memecahkan kaca jendela gedung namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Juru bicara kepolisian Menno Hartenberg mengatakan, sisa-sisa logam bahan peledak berukuran sekitar 10x10 cm ditemukan di depan gedung. Lokasi pemeriksaan bagi warga untuk mengetahui apakah terinfeksi virus corona atau tidak itu tampaknya sengaja dijadikan sasaran.

“Kami belum tahu persis apa yang meledak, para ahli bahan peledak harus menyelidiki dulu. Namun, sepertinya tidak mungkin terjadi begitu saja, pasti diledakkan dengan sengaja,” kata Hartenberg, dikutip dari Reuters.

Seorang penjaga keamanan sedang berada di dalam gedung saat ledakan terjadi. Insiden itu terjadi saat kebijakan lockdown mulai dilonggarkan di Belanda. Sebagian, toko, salon, dan pusat bisnis mulai menerima pengunjung meski jumlahnya masih terbatas.

Wilayah di sekitar Bovenkarspel saat ini menjadi pusat wabah Covid-19, dengan 181 kasus per 100.000 penduduk, dibandingkan dengan sekitar 27 kasus per 100.000 secara nasional.

Setidaknya satu rumah sakit terpaksa merujuk pasien ke provinsi lain karena kurangnya unit perawatan intensif. 

Insiden juga terjadi tak lama sebelum pemilihan umum Belanda yang diselenggarakan pada 17 Maret mendatang.

Editor : Anton Suhartono