Lemah Ingatan, Perempuan Ini Jalan Kaki 640 Km untuk Cari Jalan Pulang

Anton Suhartono ยท Minggu, 17 Februari 2019 - 06:02 WIB
Lemah Ingatan, Perempuan Ini Jalan Kaki 640 Km untuk Cari Jalan Pulang

Kaeomanee Arjaw (tengah) dipulangkan petugas imigrasi Thailand (Foto: AFP)

BANGKOK, iNews.id - Perempuan 59 tahun penderita demensia pulang ke rumah di Thailand setelah 8 bulan hilang. Penyakit lemah fungsi otak membuat perempuan bernama Kaeomanee Arjaw itu tersasar hingga 640 kilometer ke China.

Kaeomanee meninggalkan rumah di desa pegunungan Provinsi Chiang Rai dekat perbatasan dengan Laos dan Myanmar pada 12 Juni 2018. Dia masuk China melalui Laos atau Myanmar, tapi tak dijelaskan bagiamana Kaeomanee bisa lolos dari pemeriksaan perbatasan.

Perempuan dari suku Akha tersebut ditolong polisi di Kota Kunming, China, pada akhir Januari lalu. Kartu identitas yang dibawa Kaeomanee membantu petugas untuk menghubungkannya ke konsulat Thailand.

"Kepada petugas, dia mengatakan (ke China) dengan berjalan kaki, dia terus berjalan, meminta makan dari toko di sepanjang rutenya," kata pejabat kepolisian imigrasi Chiang Rai, Aekkorn Butsabardonin, dikutip dari AFP, Sabtu (16/2/2019).

Pada Kamis lalu, putri Kaeomanee, Suchada (35), berangkat ke Kunming ditemani petugas imigrasi untuk bertemu ibunya. Pertemuan mereka digambarkan berlangsung penuh haru. Suchada berlutut di depan ibunya dan menangis bahagia.

Sementara itu saat ditanya petugas soal tujuan perjalanannya, Kaeomanee mengatakan dia meninggalkan rumah untuk menjenguk anak laki-lakinya.

"Saya ingin bertemu anak saya, saya sudah bertemu dengannya lalu saya terus berjalan. Tidak ada mobil di sekeliling saya," tuturnya.

Selama 8 bulan berjalan kaki, berat badan Kaeomanee turun 20 kilogram, menunjukkan usaha kerasnya untuk mencari jalan pulang.

Dia dan putrinya pulang ke Chiang Rai pada Jumat (15/2/2019).


Editor : Anton Suhartono