Lihat Rekaman Video, Trump Yakin Iran yang Menyerang 2 Kapal Tanker

Anton Suhartono ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 19:44 WIB
Lihat Rekaman Video, Trump Yakin Iran yang Menyerang 2 Kapal Tanker

Rekaman saat kapal patroli AL Iran mendekati kapal tanker Jepang di Teluk Oman (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yakin Iran sebagai pelaku penyerangan dua kapal tanker, milik Jepang dan Norwegia, di Teluk Oman pada Kamis (13/6/2019) pagi.

Keyakinan itu didasarkan pada rekaman video yang diambil militer AS, berisi sebuah kapal patroli Iran berada di sisi salah satu tanker untuk menganbil ranjau yang tak sempat meledak.

"Iran yang melakukannya," kata Trump, dalam wawancara dalam acara 'Fox and Friends', seperti dilaporkan kembali AFP, Jumat (14/6/2019).

"Anda tahu mereka melakukannya karena melihat kapal itu. Saya kira salah satu dari ranjau itu tidak meledak," tuturnya, lagi.

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri Iran menepis tuduhan AS bahwa mereka di balik serangan dua tanker yang membawa bahan kimia tersebut.

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan, tuduhan AS terhadap Iran merupakan diplomasi sabotase ala Tim B. Tim ini merujuk pada Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton, perdana menteri Israel, serta pemimpin Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, yang semuanya turut menekan Iran.

Juru Bicara Kemlu Iran Abbas Mousavi menjelaskan, kehadiran kapal patroli di tempat itu untuk menolong para kru secepat mungkin yang loncat ke laut.

"Rupanya, bagi Pompeo (Menlu AS) dan otoritas Amerika lain, menuduh Iran merupakan hal paling mudah untuk dilakukan," kata Mousavi.


Editor : Anton Suhartono