Lonjakan Kasus Covid di AS 2 Bulan Terakhir, ICU Rumah Sakit Hampir Penuh

Anton Suhartono ยท Senin, 30 Agustus 2021 - 12:55:00 WIB
Lonjakan Kasus Covid di AS 2 Bulan Terakhir, ICU Rumah Sakit Hampir Penuh
Lonjakan kasus Covid-19 di AS berdampak pada ketersediaan ruang ICU rumah sakit (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Amerika Serikat (AS) mengalami lonjakan kasus infeksi Covid-19. Rata-rata lebih dari 100.000 pasien dirawat di rumah sakit, angka tertinggi sejak musim dingin tahun lalu atau sebelum dimulainya vaksinasi.

Lonjakan pasien berdampak pada layanan rumah sakit yang juga mendorong kasus kematian. Korban meninggal naik sejak Maret, rata-rata lebih dari 1.000 orang per hari. Saat ini terdapat 8,1 juta lebih kasus Covid aktif di AS dari total hampir 40 juta penderita.

Kasus rawat inap secara nasional melonjak hampir 500 persen dalam 2 bulan terakhir, terutama di negara bagian wilayah selatan. Tempat tidur di unit perawatan intensif (ICU) penuh. Salah satu penyebab lonjakan karena rendahnya tingkat vaksinasi.

Data Departemen Kesehatan mengungkap, di Florida sebanyak 16.457 orang dirawat di rumah sakit, terbanyak dibandingkan negara bagian lain, disusul Texas.

Kurangnya perawat menambah rumit upaya penanganan pasien yang menyebabkan waktu tunggu untuk masu fasilitas gawat darurat menjadi lebih lama.

Awal bulan ini, kapasitas tempat tidur pada 1 dari 5 ICU rumah sakit di AS telah mencapai 95 persen atau penuh. Alabama menjadi negara bagian pertama yang kehabisan daya tampung.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: