Mantan Pemimpin Ukraina ke Presiden Zelensky: Jangan Percaya pada Putin

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 19:21 WIB
Mantan Pemimpin Ukraina ke Presiden Zelensky: Jangan Percaya pada Putin

Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko. (FOTO: AFP)

KIEV, iNews.id - Mantan presiden Ukraina Petro Poroshenko memperingatkan penggantinya Presiden Volodymyr Zelensky untuk tidak pernah mempercayai apa pun yang dikatakan Presiden Rusia Vladimir Putin. Hal itu disampaikan, tiga hari sebelum pembicaraan di Paris.

"Jangan percaya pada Putin. Selalu dan dalam segala hal. Putin memanipulasi segalanya: konten, fakta, angka, peta, emosi. Dia membenci Ukraina dan warga Ukraina," kata Poroshenko, yang dikalahkan oleh Volodymyr Zelensky dalam pemilu tahun ini, dalam editorial tahun ini, seperti dilaporkan AFP, Jumat (6/12/2019).

"Saya dengan tulus menyarankan menghindari pertemuan satu lawan satu dengan Putin, dan jika ini tidak mungkin, tahan manipulasi dan pujian KGB-nya," tulis Poroshenko dalam harian online Ukrainska Pravda.

Zelensky, pemula politik yang dilantik pada Mei, akan bertemu Putin untuk pertama kalinya pada Senin depan, untuk mengadakan pembicaraan tentang konflik di Ukraina dengan mediasi dari Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancus Emmanuel Macron.

KTT untuk pertemuan semacam ini merupakan yang pertama sejak 2016.

Putin bulan lalu memuji Zelensky sebagai orang yang dia sukai dan tulus.

Juru bicaranya Dmitry Peskov mengatakan bahwa pemimpin Rusia itu menuju ke Paris dengan "niat serius" dan berencana mengadakan pertemuan bilateral dengan tiga kepala negara, serta membahas konflik Ukraina bersama-sama.


Editor : Nathania Riris Michico