Mantan Wali Kota di Iran Diadili Atas Kasus Pembunuhan Istri Kedua

Nathania Riris Michico ยท Minggu, 14 Juli 2019 - 00:35 WIB
Mantan Wali Kota di Iran Diadili Atas Kasus Pembunuhan Istri Kedua

Mohammad Ali Najafi dituduh menembak istri keduanya Mitra Ostad di rumah mereka di ibu kota Iran. (FOTO: doc. TWITTER)

TEHERAN, iNews.id - Pengadilan tingkat tinggi Iran mengadili seorang mantan wali kota Teheran yang dituduh membunuh istrinya, Sabtu (13/7/2019).

Reformis terkemuka Mohammad Ali Najafi muncul di pengadilan pidana Teheran; dituduh menembak istri keduanya, Mitra Ostad, di rumah mereka di ibu kota Iran.

Dilaporkan AFP, Minggu (14/7/2019), tuduhan yang dibacakan di pengadilan termasuk pembunuhan, penyerangan, dan kepemilikan senjata secara ilegal.

Jaksa juga membacakan pernyataan dari mantan wali kota itu, yang mengklaim istrinya pernah mengancamnya dengan pisau pada salah satu momen saat mereka cekcok.

Jenazah Ostad ditemukan di bak mandi setelah Najafi menyerahkan diri dan mengaku membunuhnya pada 28 Mei.

Keluarganya memohon agar hukum retribusi Islam diterapkan; yakni bentuk hukuman "mata ganti mata", yang artinya hukuman mati dalam kasus ini.

Najafi yang merupakan seorang matematikawan, profesor, dan politisi veteran, sebelumnya menjabat sebagai penasihat ekonomi dan menteri pendidikan Presiden Hassan Rouhani.

Dia terpilih sebagai wali kota Teheran pada Agustus 2017, namun mengundurkan diri pada April 2018 setelah menghadapi kritik dari kaum konservatif karena menghadiri pertunjukan tari anak-anak sekolah.

Najafi menikahi Ostad tanpa menceraikan istri pertamanya.


Editor : Nathania Riris Michico