Mantan Wapres Iran Dijatuhi Hukuman Mati karena Membunuh Istri

Anton Suhartono ยท Rabu, 31 Juli 2019 - 11:59 WIB
Mantan Wapres Iran Dijatuhi Hukuman Mati karena Membunuh Istri

Mohammad Ali Najafi (tengah) divonis hukuman mati (Foto: AFP)

TEHERAN, iNews.id - Mantan Wakil Presiden Iran Mohammad Ali Najafi divonis hukuman mati, Selasa (30/7/2019), atas tuduhan membunuh istrinya, Mitra Ostad.

Laporan stasiun televisi pemerintah Iran, mengutip pernyataan juru bicara pengadilan Gholamhossein Esmaili, mengungkap, pria yang juga pernah menjadi Wali Kota Teheran itu membunuh istrinya dengan cara ditembak.

Najafi memiliki waktu 20 hari untuk mengajukan banding atas putusan hakim pengadilan Teheran.

Dia ditahan polisi pada Mei 2019 setelah menyerahkan diri dan mengaku telah membunuh istrinya. Pembunuhan itu dipicu pertengkaran masalah rumah tangga, namun tak disebutkan secara detail.

Najafi mengundurkan diri sebagai wali kota pada 2018, setelah dikritik terkait beredarnya rekaman video berisi tayangan dia menghadiri pertunjukan tarian yang dilakukan para perempuan muda di sebuah sekolah.

Profesor ahli matematika itu pernah menjadi wakil presiden sekaligus kepala organisasi warisan budaya dan pariwisata pada 2013 dan 2014 di masa pemerintahan Presiden Hassan Rouhani. Dia juga pernah menjabat sebagai menteri pendidikan, menteri ilmu pengetahuan, serta penasihat ekonomi Presiden Hassan Rouhani.

Karier politik terakhirnya adalah sebagai Wali Kota Teheran pada Agustus 2017.


Editor : Anton Suhartono