Mayoritas Warga Jerman Sebut Kesehatan Angela Merkel Masalah Pribadi

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 13 Juli 2019 - 22:12 WIB
Mayoritas Warga Jerman Sebut Kesehatan Angela Merkel Masalah Pribadi

Kanselir Jerman Angela Merkel. (FOTO: AFP)

BERLIN, iNews.id - Hampir 60 persen orang Jerman merasa bahwa kondisi gemetar tidak terkendali yang dialami Kanselir Angela Merkel adalah masalah pribadi. Hal itu berdasarkan sebuah survei yang diterbitkan pada Sabtu (13/7/2019).

Dilaporkan AFP, sebuah jajak pendapat yang diterbitkan dalam surat kabar Augsburger Allgemeinen menemukan bahwa 59 persen dari mereka yang ditanyai merasa bahwa gemetar hebat yang sudah tiga kali terjadi di muka umum dalam sebulan terakhir itu menyangkut kehidupan "pribadi" Merkel.

Sedangkan 34 persen menyebut hal itu adalah masalah kepentingan umum.

Merkel akan merayakan ulang tahunnya yang ke-65 pada Rabu depan dan menjadi kepala pemerintah Jerman selama sekitar 14 tahun.

Mayoritas dari mereka yang mengaku sebagai mendukung partai CDU konservatif yang dimpimpin Merkel, bersama dengan mayoritas demokrat sosial dan pencinta lingkungan, percaya kondisi itu adalah masalah bagi sang kanselir sendiri.

Hanya sebagian besar dari mereka yang mendukung partai AfD sayap kanan merasa kesehatan Merkel adalah masalah kepentingan warga.

Meskipun mengalami gemetar hebat tak terkendali di depan umum sebanyak tiga kali, bahkan tetap duduk ketika himne nasional dimainkan selama upacara dengan perdana menteri baru Denmark pekan ini, Merkel menegaskan dirinya baik-baik saja.

Merkel mengatakan bahwa gemetar hebat pertama kali pada 18 Juni saat upacara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memicu reaksi psikosomatik yang menyebabkan insiden itu kembali terjadi.

Harian Bild melaporkan, Merkel menjalani tes medis menyeluruh sejak insiden pertama, yang disebut terjadi karena dehidrasi yang disebabkan gelombang panas yang melanda Berlin.


Editor : Nathania Riris Michico