Media Korea Utara Sebut Vaksin Covid Tak Manjur

Anton Suhartono ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 21:02:00 WIB
Media Korea Utara Sebut Vaksin Covid Tak Manjur
Media Korea Utara menyebut vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan global tak manjur mengatasi pandemi (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Media Korea Utara menyebut vaksin yang dikembangkan perusahaan global saat ini tidak manjur untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Korea Utara sejauh ini belum melaporkan satu pun kasus Covid-19.

Surat kabar Rodong Sinmun yang dikelola partai penguasa, Partai Buruh, dalam laporannya, Selasa (4/5/2021), memperingatkan kemungkinan pandemi Covid-19 masih akan berlangsung lama.

Disebutkan, pandemi Covid-19 justru semakin memburuk, meski vaksin sudah digunakan di banyak negara.

Mulanya vaksin yang diproduksi beberapa negara dianggap sebagai secercah harapan untuk mengakhiri perang melawan virus corona, namun di tahun kedua pandemi, kasus infeksi justru semakin banyak dibandingkan sebelumnya.

"Kondisi di banyak negara membuktikan bahwa vaksin tidak pernah menjadi obat mujarab yang universal," kata demikian laporan Rodong Sinmun, seperti dilaporkan kembali Reuters.

Korea Utara dijadwalkan menerima hampir 2 juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca pada semester pertama 2021, melalui program Covax yang digagas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Utuusan WHO untuk Korut mengatakan pengiriman terpaksa ditunda karena kurangnya pasokan.

Menurut dia, Korut sedang menyelesaikan persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan vaksin. 

Editor : Anton Suhartono