Pertemuan Trump dan Kim

Media Korut Tayangkan Pertemuan Trump-Kim Jong Un di Hanoi

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 07 Maret 2019 - 15:43 WIB
Media Korut Tayangkan Pertemuan Trump-Kim Jong Un di Hanoi

Kim Jong Un saat bertemu Presiden AS Donald Trump. (FOTO: NYTIMES)

SEOUL, iNews.id - Media pemerintah Korea Utara (Korut) menayangkan video panjang tentang momen hangat Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hanoi. Namun dalam tayangan itu tidak disebutkan bahwa pertemuan kedua mereka itu berakhir tanpa kesepakatan.

Pembicaraan antara Trump dan Kim pekan lalu berakhir dengan tiba-tiba setelah pasangan itu gagal mencapai kesepakatan terkait program nuklir Korut dengan imbalan keringanan sanksi.

Sebagai akibatnya, masing-masing berusaha menyalahkan satu sama lain, dengan Trump bersikeras Korut menuntut semua sanksi dicabut; sedangkan Korut mengklaim pihaknya hanya menginginkan beberapa hal diubah.

Setelah gagalnya pertemuan tersebut, para peneliti menyebut bahwa pekan ini Korut membangun kembali fasilitas rudal jarak jauh Sohae. Kim dikethaui tahun lalu sepakat untuk menutupnya sebagai bagian dari langkah-langkah kesepakatan dengan AS.

Namun, Korut tidak menyebut-nyebut soal masalah itu dalam film dokumenter berdurasi 75 menit berisi perjalanan Kim ke Hanoi, yang ditayangkan pada Rabu malam di stasiun resmi KCTV.

Selama 10 menit, tampak foto-foto pertemuan mereka di Hanoi. Terlihat Trump dan Kim bertukar senyum hangat dan berjabat tangan saat berjalan-jalan di tepi kolam renang di sekitar taman di Metropole Hotel yang mewah, tempat dari puncak.

Pertemuan itu menegaskan kembali bahwa AS dan Korut dapat mengatasi permusuhan mereka selama 7 tahun.

KCTV menyebut adanya 'masa depan baru' jika keduanya menyepakati proposal yang adil.

Tayangan itu juga menunjukkan Kim, sedang mengisap rokok, mengadakan pertemuan larut malam di hotelnya dengan para pembantunya menjelang pertemuan puncaknya dengan Trump.

KCTV tidak membahas diskusi kedua pemimpin soal denuklirisasi, tujuan utama pertemuan, namun menyatakan keduanya sepakat "untuk melanjutkan pembicaraan produktif untuk menyelesaikan masalah yang tertunda".

"Pertemuan kedua merupakan kesempatan penting untuk memperdalam rasa hormat dan kepercayaan satu sama lain dan untuk membawa hubungan kedua negara ke tingkat yang baru," demikian laporan KCTV dalam video itu, seperti dilaporkan AFP, Kamis (7/3/2019).

Ditampilkan momen saat Trump menepuk lengan Kim saat mereka berjabat tangan sebelum berpisah.

Berdiri di aula Metropole Hotel, Trump berjabat tangan dengan delegasi Korea Utara dan Kim yang tersenyum untuk memberi tahu pemimpin AS, "Ayo kita bertemu lagi".

Film dokumenter ini menunjukkan perjalanan Kim selama 11 hari ke Hanoi serta momen saat dia disambut warga sat turun dari kereta.

Video juga menampilkan kunjungan resmi Kim ke Hanoi -mulai 1 hingga 2 Maret- termasuk potongan-potongan foto lama pertemuan antara mendiang kakeknya, pendiri Korea Utara Kim Il Sung, dan pahlawan kemerdekaan Vietnam Ho Chi Minh pada 1958 dan 1964 untuk menyoroti kedua negara tersebut, yang bersahabat selama puluhan tahun.


Editor : Nathania Riris Michico