Meksiko Tolak Pembatasan Suaka Baru bagi Imigran yang Diberlakukan AS

Nathania Riris Michico · Selasa, 16 Juli 2019 - 08:47 WIB
Meksiko Tolak Pembatasan Suaka Baru bagi Imigran yang Diberlakukan AS

Para imigran yang mencoba melintasi perbatasan menuju ke AS. (FOTO: Guillermo Arias/AFP/Getty Images)

MEXICO CITY, iNews.id - Meksiko menolak pembatasan suaka baru yang diminta oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump guna membendung aliran imigran tidak berdokumen yang mencoba melintasi perbatasan kedua negara.

Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard mengatakan Meksiko tidak akan menjadi tempat pembuangan bagi para pencari suaka yang ditolak oleh AS. Dia menyebut, negaranya juga akan menghormati kewajiban untuk tidak mengembalikan para pengungsi ke zona berbahaya.

Langkah yang diumumkan oleh pemerintahan Trump pada Senin (14/7/2019) menyatakan, hampir semua imigran yang memasuki AS dari perbatasan selatan tidak memenuhi syarat untuk suaka.

Diperkirakan sebagian besar imigran Amerika Tengah dari Guatemala, Honduras, dan El Salvador melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan geng atau perdagangan narkoba di negara mereka.

"Meksiko tidak setuju dengan langkah-langkah yang membatasi suaka atau perlindungan bagi mereka yang takut akan kehidupan mereka di negara asal mereka," kata Ebrard, seperti dilaporkan AFP, Selasa (16/7/2019).

Dia menekankan, Meksiko akan menghormati prinsip non-refoulement PBB yang melarang negara mengusir atau mengembalikan seorang pengungsi dengan cara apa pun ke perbatasan wilayah, di mana kehidupan atau kebebasannya akan terancam.

Pengumuman Meksiko ini muncul setelah pengadilan konstitusi Guatemala mencegah Presiden Jimmy Morales menandatangani perjanjian imigrasi dengan AS yang akan menetapkan negara Amerika Tengah sebagai "negara ketiga yang aman"; mewajibkan negara itu menawarkan suaka kepada setiap imigran yang memasuki wilayahnya dalam perjalanan ke AS.

"Kami tidak akan memasuki negosiasi negara ketiga yang aman tanpa izin tertulis dari Kongres," kata Ebrard.

Editor : Nathania Riris Michico