Menlu Filipina Serukan Warganya Boikot Film Animasi Abominable

Anton Suhartono ยท Kamis, 17 Oktober 2019 - 10:19 WIB
Menlu Filipina Serukan Warganya Boikot Film Animasi Abominable

Cuplikan film Abominable (Universal Studios)

MANILA, iNews.id - Giliran Filipina yang mengecam penampakan peta Laut China Selatan yang diklaim China di film animasi Abominable. Sebelumnya Vietnam sudah melarang penayangan film karya DreamWorks dan Pearl Studio itu.

Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr menyerukan agar adegan menampilkan peta Laut China Selatan yang diberi sembilan garis putus-putus berbentuk 'U' sebagai wilayah sengketa yang diklaim China itu untuk dihapus.

Baca Juga: Vietnam Larang Film Animasi Abominable Gara-Gara Peta Laut China Selatan

Wilayah yang masuk dalam garis putur-putus itu termasuk perairan yang disengketakan dengan Filipina.

(Cuplikan penampakan peta Laut China Selatan di film Abominable/Universal Studios)

Locsin menegaskan, sebaiknya warga Filipina tidak menonton film itu, bahkan memboikot setiap film yang dikeluarkan perusahaan yang memproduksinya. Meski demikian dia tak menyarankan agar film itu dilarang.

"Tentu saja mereka harus menghapus adegan menyinggung yang akan memicu ketidaksenangan kita, itu lebih baik ketimbang kita melarangnya secara tidak konstitusional seperti yang dilakukan beberapa pihak," kata Locsin, dalam cuitan, seperti dikutip dari SCMP, Kamis (17/10/2019).

"Bagi saya, boikot universal terhadap semua produksi DreamWorks mulai dari sini,” katanya lagi, menegaskan.

Baca Juga: Peta Lawas yang Menangkan Filipina dalam Sengketa dengan China Terjual Rp11 M

Juru bicara Presiden Rodrigo Duterte mengatakan bahwa regulator film harus memutuskan apakah akan menarik Abominable dari bioskop atau tidak.

Sementara itu otoritas film Filipina belum memberikan komentar.

Film ini mulai tayang di Filipina pada awal Oktober, namun kini sudah tidak diputar di banyak bioskop berdasarkan pencarian di internet.

Pada Senin, Vietnam lebih dulu menarik film dari bioskop terkait peta Laut China Selatan. Otoritas Vietnam kecolongan karena film sudah terlanjut tayang sepekan lebih dan memicu kecaman warganet.

Abominable bercerita tentang seorang gadis China yang membantu seekor yeti untuk pulang ke habitatnya di Gunung Everest.


Editor : Anton Suhartono