Meriahkan HUT RI, Gedung Tertinggi di Dunia Akan Berselimut Cahaya Merah-Putih

Anton Suhartono ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 13:49 WIB
Meriahkan HUT RI, Gedung Tertinggi di Dunia Akan Berselimut Cahaya Merah-Putih

Burj Khalifa di Dubai (Foto: AFP)

DUBAI, iNews.id - Perayaan HUT RI ke-74 pada Sabtu (17/8/2019) di Uni Emirat Arab (UEA), khususnya Kota Dubai dan Abu Dhabi, bakal berlangsung meriah.

Konsul Jenderal RI di Dubai Ridwan Hassan mengatakan, gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa serta Adnoc Headquarters di Abu Dhabi akan diselimuti cahaya merah dan putih seperti bendera RI, sebagai bentuk penghormatan atas hari kemerdekaan ke-74.

Dalam wawancara dengan Khaleej Times, Hassan mengatakan kerja sama Indonesia dengan UEA berjalan sangat baik.

"Indonesia selalu mempertahankan hubungan yang kuat sejak pembentukan hubungan diplomatik pada 1976. Hubungan ekonomi Indonesia dengan UEA yang tumbuh adalah produk dari dukungan timbal balik kedua negara. Kedua negara menargetkan peningkatan signifikan dalam perdagangan bilateral menjadi 5,5 miliar dolar AS," ujarnya.

Seorang pejabat konsulat mengatakan, perayaan HUT RI tahun ini mengangkat tema 'Menuju Indonesia Unggul' yang juga diterjemahkan, 'Menuju Indonesia yang makmur'.

Berbagai kegiatan hiburan akan digelar di KJRI, seperti memperkenalkan makanan tradisional, salah satunya tumpeng.

Seorang WNI yang tinggal di Dubai, Fahmi Ahnar, menyambut baik perayaan HUT RI tahun ini. Menurut dia, memperingati HUT RI sangat penting, apalagi bagi WNI yang lama tinggal di luar negeri.

"Merayakan Hari Kemerdekaan sangat penting bagi kami. Kami dipersatukan di bawah satu bendera dan kami merayakan hari nasional dengan makanan tradisional, permainan tradisonal yang menyenangkan, dan bazaar dalam semangat persatuan dalam keanekaragaman. Indonesia memiliki begitu banyak suku, budaya, bahasa, etnis, dan agama, tetapi kami adalah satu Indonesia," kata pria asal Magelang, Jawa Tengah, itu.

Monica Lanny Witanto, WNI lainnya yang bermukim di Dubai, menimpal, perayaan HUT RI merupakan nostalgia.

"Saat masih muda, kami mengikuti upacara hari kemerdekaan. Kami menyanyikan lagu-lagu patriotik. Tapi sekarang, sejak tinggal di UEA, saya hanya bisa menonton upacara, permainan tradisional, dan acara militer di televisi," tutur perempuan asal Jakarta itu.

Bentuk penghormatan atas ulang tahun negara sahabat atau peristiwa lain sudah beberapa kali ditunjukkan Dubai dengan menyelimuti Burj Khalifa dengan cahaya warna bendera atau gambar. Warna negara Asia Tenggara lainnya, seperti Singapura, pernah menyelimuti gedung jangkung tersebut.

Selain itu, sebagai bentuk keprihatinan atas penembakan jamaah masjid di Selandia Baru, eksterior Burj Khalifa berselimut gambar PM Jacinda Ardern yang sedang memeluk keluarga korban.


Editor : Anton Suhartono