Meski ada Perang Dagang, Kekayaan Orang Kaya China Bertambah pada 2019

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 21:00 WIB
Meski ada Perang Dagang, Kekayaan Orang Kaya China Bertambah pada 2019

Jack Ma, yang bulan lalu pensiun sebagai CEO perusahaan e-commerce raksasa Ali Baba, berada di peringkat teratas daftar pebisnis kaya China 2019. (Foto: AP).

BEIJING, iNews.id - Survei tahunan mengenai pebisnis kaya China menunjukkan bahwa kekayaan mereka bertambah tahun ini meskipun terjadi perang dagang dengan Amerika Serikat (AS). Lantaran perang dagang, pertumbuhan ekonomi diketahui melamban.

Hurun Report, pada Kamis (10/10/2019) melaporkan, rata-rata kekayaan 1.800 orang terkaya China naik 10 persen dibandingkan dengan pada 2018 menjadi 1,4 miliar dolar.

Jack Ma, yang bulan lalu pensiun sebagai CEO perusahaan e-commerce (perdagangan elektronik) raksasa Ali Baba, berada di peringkat teratas daftar tersebut dengan kekayaan 39 miliar dolar.

Ma Huang, pemilik perusahaan media sosial dan game Tencent, di peringkat kedua, dengan kekayaan 37 miliar dolar.

Hasil ini mencerminkan semakin pentingnya pasar konsumen China pada waktu kenaikan tarif yang diberlakukan AS memukul industri manufaktur yang berorientasi ekspor.

Jumlah pebisnis dalam daftar orang terkaya China yang berasal dari industri teknologi, farmasi dan makanan bertambah, sementara dari industri manufaktur berkurang.


Editor : Nathania Riris Michico