Nelayan China Diberi Hadiah karena Temukan Drone Mata-Mata Asing

Anton Suhartono ยท Rabu, 14 November 2018 - 16:15:00 WIB
Nelayan China Diberi Hadiah karena Temukan Drone Mata-Mata Asing
Salah satu glider mata-mata AS (Foto: US Navy)

BEIJING, iNews.id - Pemerintah China memberi hadiah kepada warganya yang menemukan dan melaporkan adanya aktivitas spionase yang dilakukan pihak asing. Baru-baru ini seorang nelayan diberi uang karena menemukan dan melaporkan adanya drone bawah laut di pantai Provinsi Zhejiang.

Drone itu ditemukan oleh pria bernama Yang pada September. Hasil pemeriksaan diketahui drone tak berawak itu dibuat oleh perusahaan Kanada, tapi negara yang menggunakannya dirahasiakan.

Surat kabar lokal, Wenzhou, melaporkan drone itu dilengkapi dengan kamera berosolusi tinggi yang dapat mencari dan mengidentifikasi sasaran di kedalaman 600 meter.

"Alat seperti ini dapat mengumpulkan data lingkungan yang penting di sekitar perairan kami, termasuk mendeteksi aktivitas angkatan laut dan menggali informasi dari jarak dekat. Perangkat mata-mata di lingkungan laut kami berkembang setiap hari," isi laporan Wenzhou yang mengutip pernyataan sumber, seperti dilaporkan kembali South China Morning Post, Rabu (14/11/2018).

Pada 2016, Angkatan Laut China menangkap UUV yang dilepas di Laut Chiha Selatan oleh USNS Bowditch, kapal oseanografi dan pengintai milik AL Amerika Serikat. Insiden ini sempat membuat tegang hubungan diplomatik kedua negara sampai China mengembalikan kapal itu beberapa hari kemudian.

China sebelumnya sudah memanfaatkan dan memobilisasi masyarakat sipil, termasuk nelayan, untuk men-counter aktivitas spionse asing yang dapat mengancam keamanan nasional dari perairan.

Editor : Anton Suhartono