Nenek Ini 'Hidup Lagi' 10 Hari Setelah Dinyatakan Meninggal akibat Covid, Kok Bisa?

Djairan ยท Senin, 25 Januari 2021 - 12:36:00 WIB
Nenek Ini 'Hidup Lagi' 10 Hari Setelah Dinyatakan Meninggal akibat Covid, Kok Bisa?
Petugas di Spanyol mengurus jenazah pasien Covid-19 (ilustrasi). (Foto: AFP)

MADRID, iNews.id – Seorang nenek berusia 85 tahun yang diyakini keluarganya telah meninggal akibat Covid, mengejutkan kerabatnya. Pasalnya dia kembali ke panti jompo dalam keadaan sehat, sembilan hari setelah"peristiwa pemakamannya".

Perempuan Spanyol bernama Rogelia Blanco itu telah dinyatakan meninggal karena virus corona pada 13 Januari lalu. Dia dimakamkan pada 14 Januari. Namun karena protokol Covid-19, keluarga Blanco tidak bisa menghadiri pemakamannya, demikian diwartakan surat kabar lokal La Voz de Galicia, dikutip kembali Reuters.

Kedatangan perempuan itu membuat heboh keluarga saat dia tiba dalam keadaan sehat di panti jompo tempat dia dirawat di Xove, Spanyol Utara, Sabtu (23/1/2021) waktu setempat. Suaminya, Ramon Blanco, yang juga tinggal di tempat itu, merasa kaget bercampur haru.

“Saya tidak percaya, karena saya sempat menangisi ‘kematian’ istri saya,” kata Ramon Blanco, dikutip dari Reuters, Senin (25/1/2021).

Yayasan San Rosendo, yang menjalankan panti jompo tersebut, mengakui adanya kesalahan prosedur yang terjadi ketika Rogelia dan warga lain yang dinyatakan positif Covid-19 dipindahkan ke panti jompo lain pada 29 Desember untuk menjalani perawatan khusus.

“Di antara orang tua yang dipindahkan, ada 2 perempuan yang ditempatkan di ruangan yang sama,” kata yayasan itu. Kedua perempuan itu kemudian dipindahkan ke tempat perawatan lain, yakni Panti Os Gozos di Pereiro de Aguiar, yang berjarak 223 km dari tempat semula.

“Ada kesalahan identifikasi yang terjadi selama proses transfer dari Xove ke Pereiro de Aguiar, di mana telah ditetapkan kematian salah satu dari mereka yang disertifikasi pada 13 Januari, dengan menggunakan identitas yang salah,” kata pihak yayasan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2