Netanyahu Kecam Uni Eropa karena Berusaha Selamatkan Perjanjian Nuklir Iran

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 16 Juli 2019 - 08:57 WIB
Netanyahu Kecam Uni Eropa karena Berusaha Selamatkan Perjanjian Nuklir Iran

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (FOTO: Abir Sultan / Pool via AP file)

YERUSALEM, iNews.id - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam upaya Uni Eropa untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir Iran. Dia mengatakan, Uni Eropa tidak akan menyadari bahaya hingga nantinya rudal Iran "mendarat di tanah Eropa".

"Tampaknya ada orang-orang di Eropa tidak akan sadar sampai rudal nuklir Iran mendarat di tanah Eropa. Pada saat itu semua sudah terlambat," kata Netanyahu, dalam sebuah video yang diposting di akun Twitter-nya, seperti dikutip AFP, Selasa (16/7/2019).

Komentarnya itu disampaikan saat para menteri luar negeri Eropa mengadakan pembicaraan krisis, Senin (15/7/2019), tentang kesepakatan nuklir 2015 dengan Iran; setelah pelanggaran yang dilakukan oleh Iran termasuk pengayaan uranium di atas syarat yang ditentukan dalam kesepakatan itu, yakni 3,67 persen.

Namun, Kepala Misi Diplomatik Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan langkah-langkah yang diambil Iran dapat dibalik dan bahwa pihak-pihak lain dalam perjanjian itu tidak menganggap pelanggaran Iran hingga saat ini sebagai "ketidakpatuhan yang signifikan".

Perjanjian nuklir 2015 menjanjikan manfaat dan bantuan ekonomi bagi Iran, namun Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik diri dari perjanjian itu pada Mei 2018 dan menjatuhkan kembali sanski keras terhadap Republik Islam itu.

Marah karena perekonomiannya terguncang dan tidak menerima bantuan seperti yang ditetapkan dalam kesepakatan, Iran mengintensifkan pengayaan uraniumnya.

Pekan lalu, Netanyahu memperingatkan musuh bebuyutan negaranya itu bahwa, "Jet tempur Israel dapat mencapai mana saja di Timur Tengah, termasuk Iran."

Netanyahu dengan keras menentang perjanjian nuklir 2015 dan mendesak sekutunya, Trump, untuk mundur dari perjanjian itu.

Editor : Nathania Riris Michico