Notre Dame Terbakar, Paus Ucapkan Terima Kasih ke Petugas Damkar Paris

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 17 April 2019 - 16:26 WIB
Notre Dame Terbakar, Paus Ucapkan Terima Kasih ke Petugas Damkar Paris

Paus Fransiskus. (FOTO: Alessandra Benedetti/Corbis via Getty Images)

VATIKAN, iNews.id - Paus Fransiskus mengucapkan terima kasih kepada petugas pemadam kebakaran yang mempertaruhkan nyawa untuk menyelamatkan Katedral Notre Dame di Paris. Dia mengucapkan terima kasih atas nama seluruh Gereja Katolik.

"Rasa terima kasih seluruh Gereja ditujukan kepada semua orang yang melakukan segala yang mereka bisa, bahkan mempertaruhkan hidup mereka, untuk menyelamatkan Basilika," katanya, dalam audiensi mingguan di Lapangan Santo Petrus, seperti dilaporkan AFP, RABU (17/4/2019).

Paus mengatakan dirinya sangat sedih akibat kebakaran besar yang meluluhlantakkan bangunan ikonik Paris itu pada Senin (15/4). Kobaran api menghancurkan atap katedral; meruntuhkan menara; dan menyebabkan warga Prancis terpukul.

Seorang petugas pemadam kebakaran dilaporkan mengalami luka-luka saat kebakaran.

Mahkota Duri Suci, yang diyakini dipakai oleh Yesus pada saat penyaliban, diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran; demikian pula jubah sakral yang dikenakan oleh raja Prancis abad ke-13, Louis IX.

Tim penyelamat membentuk rantai manusia di lokasi bencana untuk mengevakuasi sebanyak mungkin artefak.

Lonceng semua katedral di Prancis akan berbunyi pada Rabu pukul 18:50 (1650 GMT); tepat 48 jam setelah kebakaran dimulai.


Editor : Nathania Riris Michico