Novel 'The Hunchback of Notre Dame' Jadi Buku Terlaris Pascakebakaran

Anton Suhartono ยท Selasa, 16 April 2019 - 20:07 WIB
Novel 'The Hunchback of Notre Dame' Jadi Buku Terlaris Pascakebakaran

Novel The Hunchback of Notre Dame karya Victor Hugo (Foto: Amazon)

PARIS, iNews.id - Novel 'The Hunchback of Notre-Dame' karya Victor Hugo versi bahasa Inggris melesat ke puncak daftar buku terlaris di dunia melalui situs belanja online Amazon, Selasa (16/4/2019), menyusul kebakaran di geraja katerdal itu.

Novel versi bahasa Prancisnya juga menjadi best seller di Prancis di hari yang sama.

Belum cukup, film animasi Disney yang dibuat berdasarkan novel tersebut ikut terangkat ke posisi 10 besar film keluarga.

Hugo membuat kisah romantis ini dengan setting pada 1482 atau di masa pemerintahan Raja Louis XI, meski sebagian besar isi The Hunchback of Notre Dame mendeskripsikan arsitektur bangunan gereja itu sendiri.

Novel ini mengisahkan seorang gadis gipsi cantik yang misterius bernama Esmeralda dengan empat laki-laki yang memperebutkannya. Mereka adalah Frollo, wakil uskup jahat yang mencoba menculiknya; Pheobus, seorang perwira yang berpura-pura mencintainya; Gringoire, penyair yang akhirnya dinikahinya demi menyelamatkan laki-laki itu dari kematian; dan Quasimodo, pria bungkuk yang berjuang melawan seluruh kota untuk menyelamatkannya.

Satu bagian pada bab IV volume kedua dikutip secara luas di media sosial sebagai deskripsi peristiwa kebakaran pada Senin, seperti digambarkan dalam novel.

"Semua mata tertuju ke puncak gereja," kata Hugo, menggambarkan kondisi saat orang-orang berkumpul di sepanjang tepi Sungai Seine menonton kebakaran.

"Apa yang mereka lihat itu merupakan yang paling aneh. Di galeri paling atas, lebih tinggi dari jendela mawar, ada nyala api besar membumbung di antara dua menara lonceng dengan percikan yang berputar. Nyala api yang besar, membara, dan kuat, pecahan-pecahannya seketika diterbangkan angin dengan asap."

Orang Prancis memiliki kecenderungan untuk mencari literatur saat terjadi peristiwa besar.

Penjualan ode karya penulis Amerika Serikat, Ernest Hemingway, A Moveable Feast, melonjak setelah serangan teroris di Paris pada November 2015.


Editor : Anton Suhartono