Orang Tua Beri Uang Tebusan Puluhan Juta, Penculik Bebaskan Sandera 

Umaya Khusniah · Minggu, 06 November 2022 - 20:42:00 WIB
Orang Tua Beri Uang Tebusan Puluhan Juta, Penculik Bebaskan Sandera 
Sejumlah pria bersenjata menculik 21 anak yang tengah bekerja di lahan peternakan di Nigeria. (Foto: Ilustrasi/Ist)

KANO, iNews.id - Sebanyak 21 anak yang diculik oleh orang-orang bersenjata pekan lalu dari sebuah peternakan di negara bagian Katsina, Nigeria barat laut telah dibebaskan. Orang tua sandera memenuhi permintaan penculik sementara polisi membantahnya.

Tiga orang tua tawanan mengaku kepada Reuters bahwa anak-anak yang disandera telah dibebaskan setelah orang tua membayar uang tebusan sebesar 3.400 dolar AS atau Rp53 juta. Namun juru bicara polisi, Gambo Isa membantah uang tebusan telah dibayarkan.

"Mereka telah berkumpul kembali dengan keluarga mereka," kata Isa dalam pesan yang dibagikan melalui WhatsApp, Sabtu (5/11/2022) malam.

Penculikan telah menjadi endemik dalam beberapa tahun terakhir di Katsina - negara bagian asal Presiden Muhammadu Buhari. Gerombolan pria bersenjata menculik orang dari sekolah, rumah sakit, jalan dan lahan pertanian. Selanjutnya, mereka meminta uang tebusan dari kerabat korban.

"Mereka bilang jika kita tidak membayar uang tebusan antara jam 4-5 sore kemarin (Sabtu), mereka akan pindah ke bagian dalam hutan bersama para sandera. Kemudian kita tidak akan pernah melihat mereka," kata seorang ayah.

Orang tua mengatakan lebih dari 30 anak diculik pada 30 Oktober. Para korbadiketahui tengah memanen tanaman di sebuah peternakan yang terletak di antara Desa Kamfanin Mailafiya dan Kurmin Doka di Katsina. Beruntung beberapa berhasil melarikan diri.

Polisi dan orang tua mengatakan semua tawanan yang tersisa sekarang bebas.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda