Palestina: Kami Siap Berdialog dengan Pemimpin Masa Depan Israel

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 19 September 2019 - 08:46 WIB
Palestina: Kami Siap Berdialog dengan Pemimpin Masa Depan Israel

Menteri Luar Negeri Otoritas Palestina Riyad Al Maliki. (FOTO: AP Photo / Hussein Malla)

OSLO, iNews.id - Palestina siap melakukan dialog dengan pemimpin Israel di masa depan. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al Maliki di Oslo, sehari setelah pemilihan umum Israel berakhir dengan jalan buntu.

"Siapa pun yang dapat memimpin pemerintahan, kami siap duduk dengannya untuk memulai kembali perundingan," kata Al Maliki, seperti dilaporkan AFP, Kamis (19/9/2019).

Al Maliki menemani Presiden Palestina Mahmud Abbas dalam kunjungan dua hari ke Oslo.

Perjalanan itu mereka lakukan menjelang pertemuan Komite Penghubung Ad Hoc untuk Palestina, yang dipimpin oleh Norwegia, yang digelar pekan depan di New York.

Israel menggelar pemilu pada Selasa (17/9/2019). Hasil pemilu itu menentukan apakah pemerintahan panjang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akan tetap bertahan atau digantikan pemerintah baru.

Sumber-sumber di kantor Netanyahu mengatakan kepada AFP, sang perdana menteri membatalkan perjalanan pekan depan ke Sidang Majelis Umum PBB karena situasi politik di Israel.

Al Maliki menegaskan kembali desakan Otoritas Palestina atas solusi dua negara untuk perdamaian. Hal itu dia serukan kembali mengingat Netanyahu melontarkan janji yang sangat kontroversial untuk mencaplok Lembah Jordan di Tepi Barat yang diduduki.

Dalam rencana itu, yang akan mencakup sekitar sepertiga wilayah Tepi Barat, kota-kota Palestina seperti Yerikho tidak akan dicaplok, namun akan dikepung.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memperingatkan bahwa rencana itu akan melanggar hukum internasional.

"Langkah-langkah seperti itu, jika diterapkan akan menghancurkan potensi menghidupkan kembali negosiasi dan perdamaian regional, sementara sangat merusak kelangsungan hidup kedua negara dan solusi negara."


Editor : Nathania Riris Michico