Palestina Terima Pajak Rp16,18 Triliun dari Israel

Ahmad Islamy Jamil · Rabu, 02 Desember 2020 - 19:42:00 WIB
Palestina Terima Pajak Rp16,18 Triliun dari Israel
Bendera Israel (ilustrasi). (Foto: AFP)

RAMALLAH, iNews.idIsrael menyerahkan uang pajak bernilai Rp16,18 triliun kepada Otoritas Palestina (PA), Rabu (2/12/2020). Penyerahan uang itu dikonfirmasi oleh kedua belah pihak.

Pajak yang dikelola oleh Israel di bawah perjanjian perdamaian sementara sejak era 1990-an itu biasanya diserahkan ke Palestina setiap bulan. Jumlahnya mencapai lebih dari setengah dari keseluruhan anggaran yang dikuasai PA.

“Pemerintah Israel mentransfer semua iuran keuangan ke rekening Otoritas Palestina,” ungkap Menteri Urusan Sipil Palestina, Hussein al-Syekh, lewat cuitan di Twitter, hari ini, dikutip Reuters.

Transfer pajak dengan nilai 3,77 miliar syikal (Rp16,18 triliun) itu adalah yang pertama kalinya sejak Juni. Enam bulan lalu, Palestina menolak penyerahan pajak dari Israel lantaran Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengumumkan rencana untuk mencaplok bagian Tepi Barat yang diduduki zionis.

Palestina juga pernah beberapa kali menolak uang dari Israel pada 2019 setelah negara Yahudi itu memangkas jumlah transferannya sebagai pembalasan atas dana yang masuk ke keluarga para pejuang Palestina yang dipenjara atau terbunuh.

Otoritas Palestina tidak mampu membayar gaji penuh 130.000 pegawainya dalam beberapa bulan terakhir. Perdana Menteri Palestina, Muhammad Shtayyeh mengatakan, minggu ini pihaknya akan membayar gaji penuh mereka setelah menerima uang pajak dari Israel.

Editor : Ahmad Islamy Jamil