Pasukan AS Tiba di Jerman untuk Ikuti Latihan Perang NATO

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 20 Maret 2019 - 11:19 WIB
Pasukan AS Tiba di Jerman untuk Ikuti Latihan Perang NATO

Tentara AS saat mengikuti latihan militer NATO "Anakonda 2018", di kasawan militer dekat Drawsko Pomorskie, Polandia, November 2018. (Foto: Reuters).

BERLIN, iNews.id - Ratusan tentara Amerika Serikat (AS) mulai berdatangan di Jerman dalam uji coba pertama strategi baru untuk mengerahkan pasukan dalam perang. Strategi itu dimaksudkan untuk meningkatkan kehadiran NATO di Eropa Timur apabila terjadi agresi oleh Rusia atau keadaan darurat lainnya.

Dilaporkan Associated Press, Rabu (20/3/2019), militer AS di Eropa menyatakan sebanyak 350 tentara dari Divisi Lapis Baja pertama tiba di Berlin pada Selasa (19/3). Mereka merupakan bagian dari satu kelompok yang terdiri dari 1.500 tentara yang tiba pekan ini.

Para tentara itu menuju Polandia dan akan bergabung dengan tank-tank dan peralatan berat lainnya, yang dibawa dari sebuah tempat yang ditentukan sebelumnya di Belanda.

Mereka kemudian akan berlatih melakukan manuver bersama dengan pasukan Polandia.

Gagasan mengenai 'pengerahan kekuatan dinamis' itu merupakan strategi untuk dengan cepat mengerahkan pasukan yang siap tempur ke Eropa apabila diperlukan.

AS, Kanada, Jerman, dan Inggris memimpin unit-unit setingkat batalyon di Polandia, Latvia, Lithuania, dan Estonia.


Editor : Nathania Riris Michico