Paus Fransiskus Bakal Disuntik Vaksin Covid Pekan Depan, Ini Pesannya

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 10 Januari 2021 - 15:26:00 WIB
Paus Fransiskus Bakal Disuntik Vaksin Covid Pekan Depan, Ini Pesannya
Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus. (Foto: AP)

VATIKAN – Pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, akan menerima vaksin Covid-19 paling cepat pekan depan. Dia pun meminta semua orang bersedia divaksinasi demi melindungi nyawa sendiri dan orang lain.

“Saya percaya bahwa secara etis setiap orang harus divaksinasi. Ini adalah pilihan etis karena Anda mempertaruhkan kesehatan Anda, dengan hidup Anda, tetapi Anda juga bertaruh dengan nyawa orang lain,” ucap Paus Fransiskus dalam wawancara dengan stasiun TV Canale 5, dikutip kembali Reuters, Minggu (10/1/2021).

Vatikan adalah negara berdaulat dengan luas wilayah paling kecil di dunia. Negara itu menjadi rumah bagi sekitar 450 orang, termasuk Paus Fransiskus. Otoritas Vatikan menyatakan segera meluncurkan program vaksinasi sendiri untuk melawan virus corona.

“Minggu depan, kami akan mulai melakukannya (vaksinasi) di sini, di Vatikan, dan saya telah mendaftar sendiri. Itu harus dilakukan,” kata paus.

Paus Fransiskus kini sudah berusia 84 tahun. Semasa mudanya, pemimpin agama Katolik itu pernah mengalami sakit yang menyebabkan bagian di salah satu paru-parunya diangkat oleh dokter di Argentina. Kondisi itu membuatnya berpotensi rentan terhadap Covid-19.

Vatikan pekan lalu menyatakan harapannya untuk menerima cukup dosis vaksin corona di hari-hari mendatang untuk menyuntik semua penduduk kota itu serta para pekerjanya yang tinggal di luar tembok pembatas negara itu dengan Roma, Italia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil