Pejabat AS Sebut Pasukan Rudal Iran dalam Kondisi Siaga Tinggi

Anton Suhartono ยท Senin, 06 Januari 2020 - 11:20 WIB
Pejabat AS Sebut Pasukan Rudal Iran dalam Kondisi Siaga Tinggi

Pasukan rudal Iran dalam kondisi siaga tinggi pascatewasnya jenderal Qasem Soleimani (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat mendeteksi meningkatnya aktivitas militer Iran sejak tewasnya komandan pasukan elite Garda Revolusi, Qasem Soleimani, pada Jumat lalu akibat serangan drone.

Seorang pejabat pemerintahan AS mengatakan, pasukan rudal Iran dalam kondisi siaga tinggi. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci apa yang dimaksud dengan siaga tinggi itu, yakni untuk bertahan atau menyerang.

Pejabat yang meminta identitasnya itu tak disebutkan itu juga menjelaskan apakah rudal-rutal Iran disiapkan untuk membidik sasaran tertentu.

"Mereka jelas-jelas berada pada kondisi siaga tinggi. Apakah keadaan siaga tinggi itu dipersiapkan untuk pertahanan atau untuk penyerangan, kami tidak bisa menentukan itu," ujarnya, dikutip dari Reuters, Senin (6/1/2020).

Dia menegaskan, AS memantau perkembangan ini secara cermat.

Sebelumnya, Iran berjanji akan membalas dendam atas tewasnya Soleimani. Bahkan, langkah ini didukung oleh milisi bersenjata pro-Syiah yang ada di Timur Tengah maupun negara lain.

Juru Bicara Pasukan Garda Revolusi Iran Ramezan Sharif mengatakan kepada stasiun televisi nasional Iran dan pasukan-pasukan anti-AS di akan membalas kematian Soleimani.

"Garda Revolusi, bangsa Iran yang bijaksana dan front perlawanan di dunia muslim yang membentang luas akan membalas tumpahnya darah syuhada ini (Soleimani)," kata Sharif, pekan lalu.

Kegembiraan Zionis dan AS, lanjut dia, akan berubah menjadi ratapan dalam waktu dekat.

Iran biasa menyebut negara-negara dan milisi di Timur Tengah yang menentang Israel dan AS sebagai 'front perlawanan'.

Editor : Anton Suhartono